Petani Desa Pandowoharjo Dilatih Budidaya Jamur

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Petani Desa Pandowoharjo Sleman dilatih budidaya jamur. Pelatihan diadakan oleh Tim LP3M Universitas Janabadra (UJB) melalui program pengabdian kepada masyarakat di pusat pelatihan jamur Volva Indonesia Sleman, 18-19 Agustus 2021. Pelatihan dengan menerapkan protokol kesehatan dan dibatasi hanya 10 peserta.

Ir B Tresno Sumbodo MSi selaku ketua tim pengabdi dari LP3M Janabadra mengatakan, dalam pelatihan ini diajarkan sistem budidaya jamur secara teori maupun dengan praktek langsung di kebun produksi. Jenis jamur yang diajarkan mulai jamur tiram, merang, kuping, hingga jamur kancing dan portabello yang harganya masih cukup mahal, namun belum banyak petani yang membudidayakan.

Dalam satu rumah jamur atau yang dikenal dengan kumbung jamur ukuran 4×5 meter dapat dipelihara 4.000-5.000 baglog jamur untuk dipelihara dan dipanen setiap hari selama 2-3 bulan.

“Dalam pelatihan ini, petani disamping mendapatkan ketrampilan teknis budidaya jamur juga diberikan bantuan berupa kumbung dan baglog sebagai awal melakukan budidaya,” kata Tresno, Kamis (19/8/2021).

BERITA REKOMENDASI