PGI Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga Kaki Merapi

SLEMAN (KRjogja.com) – Air bersih menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat dan termasuk salah satu target  MilleniumDevelopment Goals (MDGs) Indonesia di tahun 2015. Karena itu, Panasonic Indonesia Gobel (PIG) bersama Lions Club Jakarta Monas Kalingga memberikan 100 unit power pump bagi warga di Lereng Gunung Merapi, Kabupaten Sleman.

"Pascaerupsi Gunung Merapi, warga Kepuharjo masih kesulitan mendapatkan air bersih dan masih mengandalkan sungai. Kami berharap dengan bantuan ini bisa mengatasi permasalahan yang ada. Kami sendiri sudah lama aktif memberikan donasi melalui program Corporate Social Responsibility (CSR)," kata Corporate  Communication Manager  PT Panasonic Gobel Indonesia Viya  Arsawireja di sela kegiatan Employee Gathering bertema  Better  Together,  Fellowship  Day  2016 di Balai Desa Pagerjurang Sleman.

Menurut Viya Pasca meletusnya gunung Merapi pada 2006, disekitar kaki gunung,  masih terdapat daerah yang kesulitan untuk mendapatkan akses sumber air bersih. Sungai yang menjadi sumber airbersih dilintasi oleh banjir lahar dingin dan material erupsi. Kali Bebeng adalah salah satu sungaisumber  air  bagi desa  Kepuharjo  kembali  dilintasi oleh  lahar  dingin  dan  material erupsi sehingga mengalami krisis air bersih. "Kesulitan air bersih sejak erupsi terakhir gunung Merapi menyebabkan keterbatasan akses airbersih pada daerah yang dilewati oleh banjir lahar dingin," ungkapnya. 

Viya menjelaskan PGI selama ini mengadakan kegiatan serupa di wilayah DKI Jakarta termasuk CSR di wilayah lain. Diantaranya memberikan bantuan power supply container di Pandeglang, sollar cell system di Wakatobi, Liga Sepakbola U-14 dan pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi yang sudah menjadi program rutin manajemen. Rangkaian ini menjadi bentuk kepedulian perusahaan kepada sesama dan tidak hanya berorientasi bisnis.

"Kami ingin memberi manfaat positif bagi seluruh masyarakat. Di Pandeglang, misalnya warga yang sudah 30 tahun tidak teraliri listik, akhirnya bisa menikmati penerangan dalam aktivitasnya. Khusus di Yogyakarta ini, sengaja menggandeng Lions Club karena memiliki visi sama dan bisa dipertanggungjawabkan secara global," kata Viya dalam kegiatan yang dihadiri Executive Director PT PGI Heru Santoso, HR Director PT GI Wendy Sofyan dan Executive Director PT Panasonic Asia Pacifik Ichiro Suganuma.

Kepala Cabang PT PGI Yogyakarta Dwi Haryanto menambahkan manajemen juga terlibat dalam kegiatan sosial dengan menyedikan makanan gratis bagi masyarkat di beberapa titik keramaian setiap akhir pekan. Diantaranya di Jogja Expo Center dan Kabupaten Bantul. Kegiatan ini bertujuan 'menyapa' konsumen sekaligus forum interaksi dengan masyarakat.

"Kegiatan diadakan tiga kali dalam setiap pekan. Kami tidak hanya menyapa masyarakat melalui program promosi atau eksebisi. Namun, melalui kegiatan sosial seperti ini dan responsnya sangat positif," tandasnya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI