Pilur 35 Kalurahan di Sleman Dijadwalkan 22 Agustus

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pelaksanaan Pemilihan Lurah (Pilur) di 35 Kalurahan dijadwalkan pada 22 Agustus 2021. Sedangkan untuk pelantikan diperkirakan 15 September 2020 dengan harapan nanti tidak ada Penjabat (Pj) lurah.

Kabid Pengembangan Kelembagaan dan Aparatur Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sleman Agung Endarto mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sleman telah menjadwalkan pelaksanaan Pilur di 35 kalurahan pada 22 Agustus 2021. Untuk draf Surat Keputusan Bupati tentang pelaksanaan Pilur telah diajukan.

“Surat Keputusan Bupati itu sebagai dasar untuk melaksanakan Pilur di 35 Kalurahan. Rencananya dilaksanakan pada Minggu, 22 Agustus 2021 mendatang,” kata Agung kepada KRJOGJA.com, Senin (08/03/2021).

Sebagaimana diketahui, 35 kalurahan yang akan melaksanakan Pilur yakni, Ambarketawang, Nogotirto, Trihanggo Gamping, Sidoarum Godean, Sumbersari, Sumberarum Moyudan, Sendangagung Minggir, Margodadi, Margokaton, Margomulyo Seyegan, Sendangadi, Tlogoadi, Tirtoadi Mlati, Maguwoharjo, Condongcatur Depok. Sedangtirto, Jogotirto Berbah, Wukirharjo, Gayamharjo, Madurejo, Bokoharjo Prambanan. Selomartani, Bimomartani Kalasan, Sariharjo, Sardonoharjo, Donoharjo, Tridadi, Trimulyo, Banyurejo, Margorejo, Lumbungrejo, Bangunkerto, Wonokerto, Candibinangun dan Umbulharjo.

Menurutnya, kemarin Bupati Sleman sudah memberikan pengarahan umum bagi lurah, panewu dan Organisasi Pangkat Daerah (OPD) terkait tentang pelaksanaan pilur. Setelah itu nanti akan dilakukan tahapan pelaksanaan pilur.

“Tadi Bupati sudah memberikan arahan kepada lurah, dan panewu yang wilayahnya akan melaksanakan pilur. Kemudian nanti Badan Permusyawaran Kalurahan (BPK) akan membentuk panitia pilur,” terangnya.

Rencananya pada 15 Maret 2021, Dinas PMK melaksanakan sosialisasi terkait pelaksanaan pilur e-voting. Sedangkan untuk sosialisasi tentang persyaratan calon, tahapan dan lainnya akan dilakukan oleh panitia kalurahan.

“Jadi kami hanya sebatas sosialisasi tentang pelaksanaan e-voting. Kalau untuk persyaratan calon nanti yang mensosialisasikan dari panitia kalurahan,” paparnya.

Untuk pelantikan, Pemkab Sleman telah menjadwalkan pada 15 September 2021 atau bersamaan dengan berakhirnya masa jababatan lurah periode 2015-2021. Sehingga nantinya tidak perlu ada Pj lurah.

“Nanti bagi lurah yang terpilih akan dilantik bersamaan masa berakhir lurah periode 2015-2021. Supaya tidak ada kekosongan atau mengangkat Pj,” tuturnya. (Sni)

BERITA REKOMENDASI