PKPI Berharap Ikuti Jejak PBB

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Ditolaknya gugatan sengketa keputusan KPU, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI ternyata tak membuat partai tersebut patah arang. Merasa memiliki bukti kuat, PKPI pun melanjutkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dengan harapan bisa disahkan sebagai partai politik peserta Pemilu 2019.

Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) PKPI DIY Faried Jayen Soepardjan mengatakan saat ini gugatan sudah masuk di PTUN dan telah ditetapkan agenda sidang pembacaan tuntutan Senin (19/03/2018) mendatang. PKPI menurut Jayen memiliki bukti kuat yang nantinya dapat meloloskan gugatan hingga akhirnya lolos jadi salah satu peserta pemilu 2019 mengikuti Partai Bulan Bintang (PBB) yang sebelumnya disahkan oleh Bawaslu setelah sempat tak diloloskan KPU.

“Dari semua masalah, intinya adalah di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol)-nya dan kami punya bukti kuat untuk hal tersebut dan bahwa ada perlakuan tidak adil KPU pada PKPI. Nanti biar buktinya dibuka di pengadilan (PTUN), di mana putusan maksimal 11 April 2018, tapi telak lah menurut kami,” ungkapnya saat bertemu wartawan Kamis (15/03/2018) malam.

Sebelumnya di sidang Bawaslu, PKPI menilai ada perilaku tidak fair saat sidang ajudikasi. “Saat itu saksi dari PKPI disumpah tapi dari KPU tidak, nah ini sebagai awam kan jadi bertanya-tanya ada apa ini. Tapi kami tak ingin menyalahkan pihak manapun, kami serahkan di pengadilan nanti,” sambungnya.

PKPI sendiri mengaku tak terpengaruh adanya gugatan di PTUN khususnya dalam persiapan pencalegan. Selain mempersiapkan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Yogyakarta, PKPI DIY bahkan tetap mencanangkan target meraup 4,9 persen suara dan bisa meletakkan wakilnya di kursi legislatif.

“Pencalegan, PKPI masih terus berjalan bahkan sampai saat ini kader dari Aceh hingga Papua belum ada yang menyatakan pindah partai, masih setia pada PKPI. Kami juga sudah rencanakan Rapimnas di Yogya April nanti. Saat ini saja total legislator PKPI mencapai 401 dan secara logika partai ini jelas eksis,” ungkap pria yang juga Koordinator Wilayah PKPI Jawa Bali ini. (Fxh) 

 

BERITA REKOMENDASI