PMI DIY Kirim Bantuan untuk Warga Terdampak Erupsi Semeru

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) bersama dengan PMI Kabupaten/Kota, dan Dinas Sosial DIY mengirimkan bantuan untuk masyarakat terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021). PMI membantu warga terdampak untuk membersihkan rumah yang terdampak abu vulkanik Semeru, Sabtu (4/12/2021) lalu.

“PMI DIY bersama PMI Kabupaten/Kota dan Dinas Sosial DIY akan mengirimkan sejumlah 14 personel. Mereka akan fokus untuk membantu membersihkan abu vulkanik pada rumah penduduk maupun fasilitas publik lainnya. Adapun peralatan yang akan dibawa adalah lima mobil pikap yang yang dilengkapi dengan alat spraying, mesin pompa diesel, dan bak air,” ungkap GBPH Prabukusumo, Ketua PMI DIY di sela pelepasan dari Markas PMI DIY, Gamping.

Selain armada pikap, tim juga akan membawa bantuan berupa uang Rp 100 juta, sabun mandi 6.480 pcs, masker 24 ribu pcs, kain pel sejumlah 1.250 lembar, sabun cuci dompet blacu sebanyak 1.500 pcs, serta 50 pcs rompi PMI. Dinas Sosial DIY juga mengerahkan dua truk berisi 1.500 botol air mineral kemasan 1,5 liter dan paket sembako.

“Untuk uang tunai yang kita bawa Rp 100 juta adalah hasil donasi konsumen apotek K24 yang telah terkumpul di PMI DIY,” tandas Gusti Prabu.

Gusti Prabu mengatakan pengiriman bantuan dan personel ini sekaligus untuk melakukan kaji cepat kebutuhan di lokasi terdampak. Rencananya, hasil pendataan akan dijadikan acuan PMI DIY untuk menyusun operasional selanjutnya berkoordinasi dengan PMI Pusat, PMI Jawa Timur, PMI Kabupaten Lumajang, dan PMI Kabupaten/Kota se-DIY.

PMI DIY membuka donasi untuk bergerak bersama masyarakat meringankan masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru melalui rekening Bank Mandiri Cab Sudirman nomor 137.00074.49594 atas nama Penanggulangan Bencana PMI Provinsi DIY.“Kami berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru”, pungkas Gusti Prabu. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI