Polda DIY Siap Dukung PPKM Mikro di Jogja

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Hari ini, Selasa (9/2), pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro, salah satunya di DIY. Terkait hal itu, Polda DIY menegaskan mendukung dan akan mensosialisasikan pemberlakuan PPKM.

“DIY termasuk dalam prioritas yang diinstruksikan menerapkan PPKM mikro, karena itu, Polda DIY akan mendukung dengan turut mensosialisasikan penerapan PPKM mikro dengan mempertimbangkan kriteria zonasi pengendalian hingga tingkat RT,” ujar Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto SIK dalam keterangan persnya, Senin (8/2).

Diungkapkan, pemberlakuan PPKM mikro yang berlaku hingga 22 Februari 2021 tersebut, tertuang pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021. Dalam Instruksi Mendagri, menjelaskan pada zona hijau di mana tidak ada kasus aktif di tingkat RT, maka dilakukan tes pada suspek secara aktif. Lalu pada zona kuning disebutkan bila terdapat 1 rumah hingga 5 rumah dengan kasus positif Covid-19 selama 7 hari terakhir diharuskan melalukan pelacakan kontak erat. Kemudian, pada zona oranye disebutkan bila terdapat 6 rumah hingga 10 rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam 7 hari terakhir. Penanganan yang dilakukan adalah dengan pelacakan kontak erat dan menutup rumah ibadah, tempat bermain anak, serta tempat umum lainnya kecuali sektor esensial.

Terakhir, kawasan zona merah ditetapkan bila terdapat lebih dari 10 rumah dengan kasus positif. Pada zona tersebut baru diterapkan PPKM tingkat RT yang mencakup pelacakan kontak erat, isolasi mandiri, menutup tempat umum kecuali sektor esensial, melarang kerumunan lebih dari 3 orang, membatasi akses maksimal pukul 20.00, serta meniadakan kegiatan sosial masyarakat.

BERITA REKOMENDASI