Polri Bentuk Cyber Patrol Buru Penebar Kebencian

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN (KRjogja.com) – Pengguna sosial media dan media online l harus semakin berhati-hati saat berselancar di dunia maya. Pasalnya, Polri kini akan membentuk tim cyber yang tugasnya memantau tindak kejahatan dunia maya bahkan hingga ujaran kebencian (hate speech).

Kapolri Jendral Tito Karnavian menegaskan telah siap membentuk tim cyber di masing-masing Polda seluruh Indonesia. Nantinya, tim tersebut bertugas melakukan patroli di dunia maya untuk mencari potensi-potensi provokasi ataupun ujaran kebencian lainnya.

"Media sosial cepat sekali berkembang karena sifatnya viral, seperti yang terjadi di Tanjung Balai. Kami tak ingin terjadi lagi jadi nanti akan ada cyber patrol di masing-masing Polda untuk memantau hal-hal seperti ini," tegasnya saat melakukan kunjungan di Mapolda DIY, Sabtu (06/08/2016).

Tim cyber tersebut disebutkan Kapolri memiliki beberapa tugas diantaranya menetralisir opini dan bahkan melakukan hacking (pembajakan). Namun demikian, tim dari kepolisian ini ditegaskan Tito bukan dibuat untuk membatasi ekspresi dan kebebasan masyarakat.

"Harapan kami masyarakat tidak menyebarkan provokasi melalui media sosial dan di sisi lain juga tidak mudah terprovokasi," pungkas Kapolri. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI