Ponpes Raudhatus Salaam Bangun Gedung Lagi

Editor: Ary B Prass

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pondok Pesantren Raudhatus Salaam Hajar Aswad, yang berlokasi di Karangsari Sendangtirto Berbah Sleman, membangun gedung lagi. Hal ini karena gedung yang ada sudah tidak bisa menampung santri yang jumlahnya semakin banyak. Lokasi gedung baru, yang direncanakan untuk asrama putri, sekitar 50 meter di utara kompleks pesantren.
Peletakan batu pertama dilakukan Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (Pakis), Kanwil Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, Drs H Buchori Muslim MSI (Mewakili Kakanwil Kemenag), Kasi Pondok Pesantren Abd Na’im, Camat Berbah Wildan Solichin SIP MT, serta para tokoh masyarakat dan alumni KBIHU Hajar Aswad, Minggu (19/12/2021).

Ketua Panitia, H Saijan MAg menjelaskan, kalau saat didirikan jumlah santri bisa dihitung dengan jari, saat ini sudah mencapai 115 anak, dengan 35 ustadz-ustadzah. Dari waktu ke waktu juga terus bertambah. Karena itu pihaknya lantas beriniatif membangun gedung lagi, yang direncanakan 3 lantai dan diperkirakan akan menelan biaya Rp 3,8 miliar.

Ketua Yayasan Raudhatus Salaam, H Triyono M Harsono, menambahkan, untuk membangun gedung sudah tersedia tanah. Selanjutnya untuk pelaksanaan awal mendapatkan wakaf dari alumni Hajar Aswad, H Andi, yang menjual tanah di Sindet dan hasil penjualan untuk memulai pembangunan gedung ini.  Dengan bantuan para dermawan, diharapkan gedung segera terwujud.
Sedang Kabid Pakis Buchori Muslim menyambut baik pembangunan gedung untuk pengembangan Pondok Pesantren Raudhatus Salaam ini. Diharapkan ke depan akan semakin banyak santri yang mengenyam pendidikan di pesantren ini.
Dijelaskan, peran pondok pesantren sangat besar dalam pembangunan mental spiritual, khususunya di kalangan generasi muda. Apalagi di era digital saat ini. Sebab dengan bekal iman dan takwa yang kuat,  diharapkan mereka akan senantiasa berada di jalan yang benar dan bisa ikut memajukan negara ini di masa mendatang. (Fie)

BERITA REKOMENDASI