PPDB SMA dan SMK Kabupaten Sleman Penuhi Kuota

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mulai memenuhi kuota beberapa SMA di Sleman, Selasa (28/06/2022). Beberapa sekolah favorit bahkan kuota telah terisi daari berbagai jalur yang tersedia.

Humas SMA Negeri 1 Depok Sleman, Tri Nardono menjelaskan PPDB tahun ini SMA Negeri 1 Depok memiliki daya tampung keseluruhan sebanyak 216 siswa. Kuota tersebut dari IPA dan IPA.

“Pembagiannya adalah jurusan IPA sebanyak 144 siswa dengan 4 kelas tersedia dan jurusan IPS sebanyak 72 siswa dengan 2 kelas tersedia. Jalur-jalur yang tersedia meliputi zonasi (wilayah dan radius 300 m), afirmasi, prestasi dan perpindahan tugas, kata Tri Nardono kepada KRJOGJA.com.

Ia menjelaskan prosentase masing-masing jalur yang tersedia yakni zonasi prosentase 55%, daya tampung 81 siswa IPA dan 41 siswa IPS. Siswa dalam radius 300 meter wajib diterima dan mengurangi kuota zonasi.

Sedangkan afirmasi dengan prosentase 20%, dengan daya tampung sebanyak 28 siswa IPA dan 14 siswa IPS. Prestasi dengan Prosentase 20% berdaya tampung sebanyak 28 siswa IPA dan 14 siswa IPS. Sedangkan perpindahan Tugas dengan Prosentase 5% dengan daya tampung sebanyak 7 siswa IPA dan 3 siswa IPS.

Selain itu, SMA Negeri 1 Depok membuka layanan informasi dan konsultasi kepada calon siswa dan orang tua siswa selama proses PPDB. Sehingga tidak ditemui kendala yang signifikan selama proses seleksi berlangsung.

“Kita membuka layanan informasi dan konsultasi kepada orang tua dan calon siswa mengenai pemilihan sekolah dan bagi mereka yang kesulitan input data,” tambahnya.

Ditemui terpisah, Kepala SMA Negeri 1 Pakem Rahmad Saptanto menjabarkan sekolah yang dipimpinnya membuka layanan informasi untuk orang tua dan calon siswa yang kesulitan dalam mengakses data dan informasi perihal daya tampung yang tersedia di SMA Negeri 1 Pakem.

“Tidak ada kendala selama proses seleksi PPDB dan jalur-jalur yang tersedia. Namun, terdapat beberapa orang tua dan calon siswa yang berkonsultasi perihal pemilihan sekolah. Untuk itu, kami menyediakan petugas yang melayani konsultasi dan informasi mengenai PPDB dan kuota siswa di SMA Negeri 1 Pakem,” jelas Rahmad.

Kuota yang ditampung oleh SMA Negeri 1 Pakem sebanyak 180 siswa keseluruhan dan terbagi menjadi 108 kuota siswa IPA dengan 3 kelas tersedia dan 72 siswa IPS dengan kesediaan sebanyak 2 kelas. Jalur afirmasi menjadi jalur yang paling banyak diikuti calon siswa di SMA Negeri 1 Pakem.

Dilihat melalui laman https://yogyaprov.siap-ppdb.com per hari ini, Selasa (28/06/2022) SMA Negeri 1 Depok melalui jalur zonasi, peserta nilai tertinggi diraih dengan jumlah 363.590 dan terendah 225.429. SMAN 1 Pakem dengan pendaftar peraih nilai tertinggi dengan jumlah 376.130 dan terendah 244.245. (Mikael Thoriq)

BERITA REKOMENDASI