‘PRABU’ Dilaunching, Turut Mendorong UMKM DIY Bangkit

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pusat oleh-oleh khas Yogya ‘Prabu’ di Jalan Solo Km 11,8 Cupuwatu Kalasan Sleman resmi dibuka, Jumat (15/5/2021). Grand opening ditandai pemukulan gong dan pemotongan pita oleh Direktur Utama PT Cupuwatu Kaya Rasa, Ngatijan Suryo Sutiarso didampingi jajaran direksi.

Menurut Ngatijan, tak bisa dipungkiri pandemi Covid-19 memberi pukulan telak bagi sektor bisnis resto, karena pembatasan mobilisasi massa. Kondisi itu memaksa Ngatijan memutar otak membuat inovasi bisnis. Akhirnya diputuskan membuat sebuah pusat oleh-oleh yang lengkap, yang diharapkan menjadi tujuan utama wisatawan membeli oleh-oleh khas Yogya.

“Dulunya ini resto lalu kita ubah jadi pusat oleh-oleh. Nama Prabu sengaja dipilih karena memiliki nuansa Yogya, dan diharapkan berkembang besar,” ujar Ngatijan kepada wartawan di sela acara peresmian yang juga diisi penyerahan tali asih kepada anak-anak panti asuhan yatim piatu.

Dijelaskan Ngatijan, pusat oleh-oleh Prabu menempati gedung yang representatif dengan berbagai fasilitas pendukung. Lantai pertama untuk aneka oleh-oleh kuliner, camilan khas Yogya. Sedangkan lantai dua dikhususkan oleh-oleh kerajinan, souvenir, fashion khas Yogya seperti batik, blangkon dan lainnya. Selain memiliki produk unggulan sendiri seperti bakpia dan berbagai olahan manuk londo (malon), pusat oleh-oleh ‘Prabu’ juga banyak mendisplay produk UMKM di DIY.

“DIY sangat terkenal pariwisatanya dan saat ini mulai menggeliat. Dengan banyaknya wisatawan yang datang dan berbelanja oleh-oleh di sini, maka akan turut mendongkrak perekonomian DIY dan membantu UMKM untuk berkembang lagi,” pungkasnya. (Dev)

 

BERITA REKOMENDASI