Pramugari Dituntut Tangguh Hadapi Kondisi Genting

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN (KRjogja.com) – Jadi seorang pramugari tak sekedar cantik, tetapi juga harus punya mental yang tangguh untuk menghadapi kondisi genting. Misalnya jika pesawat yang ditumpangi mengalami kecelakaan, mereka harus tahu apa yang harus dilakukannya.

"Saat terjatuh di laut, pramugari harus tahu prosedur evakuasinya. Pertama-tama ialah berenang menjauh dari pesawat dan segera membentuk formasi melingkar. Setelah itu para taruni berenang ke perahu dan mengambil sisa-sisa makanan juga minuman dari pesawat," ungkap Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta, Marsda TNI (Purn) Udin Kurniadi SE MM pada 'Jungle Sea Survival' di Embung Candirejo, Berbah, Sleman, Sabtu (03/12/2016).

Menurutnya, kegiatan yang akan berakhir Minggu (04/12/2016) ini adalah proses membentuk mental calon Taruni D1 Pramugari STTKD Yogya yang tangguh dan profesional. Karenanya setelah mendapat teori di kampus, taruni pramugari ikut latihan survival di lapangan. Yakni di embung dan di sekitar embung untuk simulasi di hutan.

Ketua Pelaksana Jungle Sea Survival Mayor Tubagus menambahkan, taruni pramugari STTKD Yogyakarta juga harus bisa bertahan hidup di hutan. Pihaknya juga menyediakan bekal makanan seperti beras, kayu bakar dan lain-lain "Bahkan kami sudah sediakan ular hidup yang nanti akan mereka tangkap dan dimasak untuk dimakan. Tetapi semua bekal itu kami sembunyikan dan harus mereka cari terlebih dahulu," imbuhnya. (Adk)

BERITA REKOMENDASI