Pramuka Kini ‘Keren dan Menyenangkan’

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN (KRjogja.com) – Gerakan pramuka harus berperan sebagai komponen dan suplemen untuk menghasilkan kaum muda yang handal dan berkarakter sehingga mampu menjadi pemimpin yang baik. Untuk itu gerakan pramuka harus keren, gembira, asik dan menyenangkan.

 

Bupati Sleman Drs Sri Purnomo MSi mengatakan, kondisi sekarang ini cukup memprihatinkan dengan maraknya konsumsi minuman keras, tingginya prevalensi merokok pada usia muda, penggunaan narkoba, terorisme yang melibatkan kaum. Gerakan pramuka harus mampu mencegahnya dengan mendidik kaum muda agar berkepribadian, jiwa patriotik dan miliki jiwa bela negara.

"Gerakan pramuka mampu menyelesaikan persoalan kaum muda yang sering terjadi diantara rumah dan sekolah. Untuk itu gerakan pramuka harus mampu menghasilkan kaum muda yang handal dan berkarakter," kata Sri Purnomo dalam acara apel besar Hari Pramuka ke-55, Kamis (25/8) di Lapangan Tirtoadi Mlati

Acara tersebut diikuti sekitar 2.500 siswa mulai di SD hingga SMA di wilayah Sleman. Dalam acara itu juga ada penghargaan lencana pancawarsa VIII kepada Muji Raharjo (61) sebagai pembina pramuka selama 40 tahun.

Lebih lanjut dikatakan, gerakan pramuka yang kini berusia 55 tahun ini perlu rebranding pramuka yang baru. Pramuka hendaknya dapat mengikuti perkembangan zaman dan tidak terkesan kuno dalam era komunitas digital. "Pramuka harus keren dan menyenangkan. Para pelatih harus terus belajar untuk dapat mengembangkan dan menerapkan teknologi pendidikan yang terkini, " pintanya.

Sedangkan Muji Raharjo mengaku, ia menjadi pembina pramuka sejak 1976. Tugas mulai ini ia jalani dengan senang hati karena menganggap menjadi pembina pramuka sebagai panggilan jiwa. Bahkan sejak duduk di bangku SD, Muji sudah aktif di pramuka. "Sejak dulu saya memang senang pramuka. Dan hingga sekarang, sudah 40 tahun mengabdi sebagai pembina pramuka. Semua ini saya jalani dengan ikhlas dan senang hati, " kata warga Perumnas Minomartani ini. (Sni)

BERITA REKOMENDASI