Profesi Satpam Wajib Kantongi Sertifikasi

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Personel Polri mempunyai peran menjaga situasi Kamtibmas di tengah masyarakat. Namun adanya tempat publik, menyebabkan pengamanan swakarsa juga banyak dibutuhkan. Profesi satuan pengamanan (satpam) pun kini menjadi perpanjangan tangan kepolisian dalam menjaga kondusifitas di tempat-tempat publik.

Direktur Pembinaan Masyarakat Polda DIY Kombes Pol Drs Anjar Gunadi MM mengatakan, rasio jumlah personel Polri dan masyarakat saat ini belum proporsional yaitu sebesar 430.000 : 250.000.000. Menurut Kombes Pol Anjar Gunadi, dengan jumlah rasio tersebut tentunya tidak cukup untuk menjangkau semha kawasan. Sehingga Polri juga tidak bisa bekerja sendiri dalam melakukan pengamanan dan menjaga kondusifitas di semua tempat.

“Sehingga bantuan pamswakarsa atau tenaga sekuriti sangat berkontribusi dan bermanfaat. Satpam merupakan bagian keluarga dari Polri dan tidak bisa dipisahkan,” terang Anjar Gunadi saat membuka acara Musyawarah Daerah (Musda) II Badan Pengurus Daerah Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia di Graha Sarina Vidi, Rabu (08/07/2020).

Anjar mengungkapkan, profesi satpam saat ini juga dibawah pembinaan kepolisian. Dengan adanya peran satpam, bisa meningkatkan keamanan lingkungan yang juga berdampak pada situasi Kamtibmas yang kondusif.

BERITA REKOMENDASI