Program ‘Xenia Setia’ Mampu Dongkrak Penjualan

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN (KRjogja.com) – Secara nasional, tren penjualan mobil hingga Juli tahun ini turun tipis 1 % dibanding tahun lalu, pada periode yang sama. Data mencatat, penjualan mobil di tahun ini sampai Juli hanya 590.905 unit.

"Kalau melihat data ini maka penjualan mobil nasional mengalami stuck alias tidak ada peningkatan," terang Marketing Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Hendrayadi Lastiyoso saat acara serah terima mobil rekondisi Program 'Xenia Setia' di Kantor Daihatsu Cabang Yogyakarta, Jalan Magelang Sleman, Kamis (4/8/2016).
 
Namun demikian, tren ini tidak berlaku bagi Daihatsu. Menurut Hendrayadi, penjualan Daihatsu tahun ini justru naik 5 persen yakni terjual sebanyak 101,685 unit hingga Juli kamarin. Capaian ini menempatkan Daihatsu diperingkat kedua nasional dibawah Toyota dalam hal penjualan. Upaya yang dilakukan Daihatsu untuk menaikkan penjualan dengan mengadakan program menarik bagi customer, salah satunya program 'Xenia Setia'. "Program ini sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan bagi pengguna loyal Xenia dan secara tidak langsung mendongkrak penjualan," katanya.

Dijelaskan, pemenang program ini, mobil Xenia-nya akan direkondisi menjadi seperti kondisi ketika baru keluar dari pabrik, tanpa dipungut biaya. Kriteria penilaian antar lain jarak tempuh dan service berkala di bengkel resmi Daihatsu. Sejak diluncurkan tahun 2014, jumlah pengguna mobil Xenia yang mendaftar program ini terus meningkat signifikan. "Tahun ini jumlah pendaftarnya sudah melampaui target mencapai 3.676 orang dan disiapkan 12 pemenang di seluruh Indonesia," tuturnya. Rekondisi memakan waktu 2-3 bulan dengan jumlah spare-part yang diganti baru sebanyak 200 lebih dan memakan biaya Rp 70-80 juta.

Salah satu pemenang wilayah Jawa Tengah yang mobilnya sudah direkondisi adalah Albertus Pramono warga Jalan Sugiyo Pranoto Klaten. Mobil Xenia milik Pramono dinyatakan menang karena telah menempuh jarak 263.020 kilometer dan selalu diservice di bengkel resmi Daihatsu. "Saya cukup terkejut dengan mobil saya yang tampak seperti baru," katanya. (R-2)

 

BERITA REKOMENDASI