Puluhan Anjal Terjaring Razia Dinsos

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN (KRjogja.com) – Selama bulan Ramadan ini, Dinas Sosial (Dinsos) rutin melakukan razia terhadap keberadaan pengemis dan anak jalanan (anjal). Sudah ada puluhan yang berhasil terazia petugas dan didominasi dari luar Sleman.

Terakhir razia dilakukan, Selasa (5/6) dan berhasil mengamankan 26 orang. Ada beberapa titik yang sering dijadikan tempat anjal dan pengemis, antara lain Prambanan, perempatan Tempel dan Pelemgurih. Beberapa yang terjaring razia adalah orang yang sama.

"Saat razia, kita selalu melibatkan Satpol PP. Jika yang kita prediksi jumlahnya banyak, kita akan meminta bantuan dari pihak kepolisian. Razia ini kita lakukan, agar keberadaan mereka tidak mengganggu pemudik dan juga wisatawan," ujar Kepala Dinsos Sleman Sri Murni Rahayu kepada KR, Rabu (6/6).

Para anjal dan pengemis ini lalu diserahkan ke rumah singgah untuk mendapatkan pembinaan. Setelahnya mereka juga dikembalikan ke daerah asal. Hanya saja, sebagian besar dari mereka pasti kembali lagi. "Orangnya sama. Sudah kita kembalikan ke rumah, tapi kena razia lagi," katanya. (Awh)

BERITA REKOMENDASI