Punya Potensi Putar Rp 70 Triliun, Peternak Ayam Kampung Dirikan KOPAKUB

SLEMAN, KRJOGJA.com – 639 peternak dari 400-an kabupaten/kota di Indonesia ikrar bersatu dalam Koperasi Peternak Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KOPAKUB) sejak akhir Mei 2021 lalu. Para peternak berikrar memaksimalkan potensi peternakan ayam kampung yang jika dihitung mencapai angka Rp 70 triliun pertahun.

Yadiman, Ketua KOPAKUB mengatakan koperasi tersebut memang baru dibentuk pada akhir Mei 2021 lalu namun antusiasme para peternak dari seluruh Indonesia tampak karena hingga kini sudah ada 639 peternak dari 27 provinsi di Indonesia yang bergabung. Para peternak merasakan permasalahan yang sama meliputi kesulitan mendapatkan Day Old Chicken (DOC), pakan memadahi dan juga penjualan ketika panen.

“Koperasi ini kami buat dengan digital agar memudahkan komunikasi seluruh anggota dari Sabang sampai Merauke. Kami berupaya bergerak menguatkan ketrampilan teknis dan non teknis, menyerap hasil panen, memudahkan akses fasilitas pinjaman modal peternakan dengan pihak ketiga, berjejaring dengan seluruh peternak anggota dari berbagai daerah dan membagikan Sisa hasil Usaha (SHU) dari unit bisnis yang diusahakan,” ungkapnya dalam Ngobar di Pendowoharjo Sleman, Rabu (23/6/2021).

BERITA REKOMENDASI