PW IPHI-FORKOM KBIHU SEPAKAT, Beri Bimbingan Calhaj Harus Bentuk KBIHU

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PW IPHI DIY) dan Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (Forkom KBIHU) DIY sepaham bahwa untuk memberikan bimbingan kepada para calon haji (calhaj) harus membentuk KBIHU. Hal ini sesuai dengan UU No 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan haji dan umrah.

“Karena itu PW IPHI DIY berencana membentuk KBIHU. Dengan begitu bisa memberi bimbingan kepada para calon haji,” kata Ketua PW IPHI DIY, Drs H A Hafidh Asrom MM pada silaturahmi dengan jajaran pengurus Forkom KBIHU DIY di kampus Al-Azhar Ringroad Utara, baru-baru ini. Acara diikuti sejumlah pengurus PW IPHI DIY, antara lain H Muhammad, H Susilo, H Noorhamid, H Agus Gunarto, Hj Sulasmi dan Hj Muslimatin Afnan. Sedang dari Forkom KBIHU DIY hadir ketua Drs H Suwardi, didampingi Sekretaris H Suwandi DS, H Budi Maryanto dan HA Lutfi.

Menurut H Noorhamid, jika beberapa waktu lalu ada Pengurus Cabang IPHI di DIY yang mengadakan bimbingan pra manasik haji kepada para calon haji, hal itu karena melaksanakan amanat AD/ART IPHI. Tetapi karena sekarang sudah ada UU yang secara eksplisit menyebutkan KBIHU, maka yang harus diikuti adalah undang-undang (UU). “Karena UU kedudukannya lebih kuat, sehingga kalau IPHI mengadakan bimbingan kepada para calon haji, maka berbenturan dengan UU,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI