Ratusan Data Pemilih Bermasalah Ditemukan di Sleman

Editor: Ivan Aditya

Bawaslu mendapatkan 30 pemilih pemula yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Model A-KWK. Termasuk 4 pemilih belum genap usia 17 tahun tetapi sudah menikah dan belum dimasukkan daftar pemilih.

Menurut Karim, Bawaslu Sleman juga mendapatkan 17 pemilih meninggal dunia tapi masih terdaftar di A-KWK. Bawaslu juga mendapatkan pula beberapa pemilih yang seharusnya TMS tetapi masih terdaftar dalam A-KWK.

Seperti 17 pemilih meninggal dunia masih muncul kembali di A-KWK. Terkait masalah daftar pemilih yang disusun dalam model A-KWK tersebut, Anggota Bawaslu Sleman Arjuna Al Ichsan Siregar menduga proses sinkronisasi dan penyusunan data pemilih tidak memasukkan data penduduk paling mutakhir. Hal ini terbukti penduduk belum 17 tahun sudah menikah tidak terdaftar dalam daftar pemilih Model A-KWK.

”Kami pengawasannya baru dengan cara sampling. Saat ini, seluruh jajaran Panwaslu Kecamatan dan Desa sedang mencermati satu persatu nama pemilih yang didapatkan untuk disandingkan dengan data pemilih di laman Lindungi Hak Pilihmu dari KPU untuk melengkapi hasil pengawasan yang telah dilakukan sebelumnya,” ujar Arjuna. (Aha)

BERITA REKOMENDASI