Ratusan Hewan Kurban Terkena Cacing Hati

SLEMAN (KRjogja.com) –  Ratusan ekor hewan kurban positif terkena cacing hati. Angka itu dimungkinkan masih bertambah, mengingat waktu peyembelihan masih berlangsung hingga tiga hari kedepan.

Salah satunya di Perumahan Pertamina Purwomartani Kalasan Sleman, Senin (12/09/2016). Petugas yang dibantu mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Gadjah Mada (UGM) ini menemukan cacing hati. Untuk hati yang sehat, biasanya berwarna merah kelam.

Di hari pertama, ada 16.817 hewan kurban yang disembelih tersebar di  1.952 lokasi penyembelihan. Terdiri dari 6.283 sapi, 2.235 kambing dan 8.299 domba. Dari jumlah tersebut 412 ekor sapi terdeteksi ada cacing hatinya. Sedangkan domba ada 28 ekor dan delapa ekor pada kambing.

"Jumlahnya ada kemungkinan bertambah. Karena data yang masuk hari ini baru sebagian. Sedangkan penyembelihan masih akan berlangsung hingga besok," kata Kepala DP2K Sleman Widi Sutikno.

Kendati demikian, Widi menyampaikan, angka tersebut lebih rendah jika dibandingkan tahun lalu. Pada 2015,  terdapat 1.974 lokasi penyembelihan selama dua hari Idul Adha. Jumlah sapi yang dipotong sebanyak 6.335 ekor, domba 6.371 ekor, dan kambing 2.267 ekor. Adapun temuan cacing hati tahun lalu pada sapi sebanyak 504 kasus, domba 20 kasus dan tujuh kasus pada kambing.

Dari laporan penyembelihan hewan kurban di Kulonprogo, petugas menemukan beberapa sapi kurban yang terkena cacing hati 
(fasciola hepatica).

"Saat pemantauan di wilayah Desa Gotakan dan Cerme, didapati beberapa hati sapi terkena fasciola (cacing), " kata drh Joko dari Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner Bidang Keswan Diskepenak Kulonprogo.
 
Bagian hati hewan kurban yang terkena cacing hati sebaiknya disingkirkan. Sebab, dikatakan drh Anggi Muhtar Pratama petugas pemantau dari UGM, kandungan nutrisinya sudah menurun. "Sebenarnya secara estetis tak layak dikonsumsi, meski bila dimasak 100 derajat celcius cacingnya juga mati," ujarnya. (Awh/ Wid) 

BERITA REKOMENDASI