Ratusan Jip Lava Tour dan Nomor Antrean di Kaliurang Dijual Pemiliknya

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tak kurang seratusan jip wisata lava tour Merapi di kawasan Kaliurang Sleman terpaksa dijual setelah diterjang pandemi Covid-19. Para pengelola tak punya pilihan lain karena tutupnya pariwisata akibat merebaknya virus Corona.

Winarno, salah satu driver lava tour dari komunitas Elang Tlogo Putri mengatakan kondisi tidak menyenangkan ini sudah terjadi sejak 1,5 tahun terakhir saat pandemi mulai dialami Yogyakarta. Ditutupnya sektor pariwisata Yogyakarta mempengaruhi kondisi pengelola lava tour yang akhirnya membuat mereka mengambil langkah ekstrim.

“Kalau seratusan itu di seluruh wilayah mungkin iya, kalau di Tlogo Putri juga sudah sangat banyak. Saya sendiri saja sudah menjual lima jip saya,” ungkap Winarno pada KRjogja.com, Jumat (27/08/2021).

Tidak hanya menjual jip saja, para pegiat wisata lava tour juga terpaksa merelakan nomor antrean yang menjadi satu-satunya tiket mengantarkan wisatawan menikmati rute berkeliling kawasan Merapi. Nomor antrean ini menurut Pak Wien, sapaan akrab Winarno hanya bisa dimiliki warga Kaliurang saja, sehingga itu memiliki nilai jual.

“Nomer inipun sudah pada dijuali. Harganya Rp 20 juta, ya mau bagaimana lagi karena rekan-rekan di sini tidak punya pilihan lain,” lanjutnya lagi.

Saat ini, saat kasus positif perlahan mereda di Yogyakarta, para pengiat lava tour sedikit demi sedikit mulai merangkak. Satu, dua wisatawan mulai mengakses wisata lava tour meski masih begitu terbatas.

“Ya satu dua saja yang membawa tamu saat ini. Mudah-mudahan kami berharap lekas mereda dan wisata kembali menggeliat,” pungkas Wien. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI