Rawan Terpapar Covid-19, Perlu Strategi Percepatan Vaksinasi Lansia

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pemkab Sleman segera menyusun strategi percepatan vaksin bagi kelompok lansia. Sejauh ini, vaksinasi untuk kelompok usia di atas 60 tahun itu telah mencapai 55,1 persen untuk dosis pertama.

“Sasaran lansia di Sleman sebanyak 159.395 orang dan saat ini yang sudah vaksin dosis pertama 68.776 orang. Untuk dosis kedua baru 49.824 atau sekitar 39,8 persen. Capaian ini akan kita terus dorong agar kelompok rentan ini bisa terhindarkan dari kasus berat jika terpapar,” ungkap Bupati Sleman Kustini kepada wartawan di Sleman usai menerima pengarahan dari Presiden Jokowi, baru-baru ini.

Menurut Bupati, Presiden telah meminta Pemkab Sleman mengoptimalkan vaksinasi untuk lansia. Mengingat kelompok usia tersebut rawan terpapar Covid-19. “Untuk itu kami diminta menyusun strategi mendorong percepatan vaksinasi bagi kalangan lansia. Salah satunya dengan mengalokasikan vaksin khusus bagi lansia yang mencangkup pelaksanaan vaksinasi di fasilitas kesehatan maupun tempat lain.

Lansia harus dipioritaskan dalam setiap pelaksanaan vaksin. Ada jatah khusus lansia agar semakin banyak yang divaksin,” terangnya.

BERITA REKOMENDASI