Rayakan HUT ke-6, Relawan Jurnal Indonesia Undang Relawan Seluruh Indonesia 

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Relawan Jurnal Indonesia (RJI) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-6, Sabtu (25/6/2022) hari ini. Relawan seluruh Indonesia diundang hadir secara hybrid baik luring di Kantor Pusat RJI Ambarketawang Gamping Sleman maupun daring melalui zoom dan kanal Youtube Channel RJI.

Pelaksana perayaan HUT ke-6 RJI, Junior Hendri Wijaya, mengatakan tagline Berbagi, Giatkan Publikasi menjadi tema utama agenda tahun ini. Relawan dari 34 provinsi Indonesia berpartisipasi baik yang hadir secara luring maupun daring.

“Kami berharap, dengan kegiatan perayaan yang diikuti relawan seluruh Indonesia ini partisipasi pengelola jurnal dalam program RJI Academy akan meningkat dan juga program-program seperti Supervisi Jurnal, dan layanan-layanan RJI lainnya dapat dikenal secara luas bukan hanya di masyarakat akademis,” ungkapnya pada KRjogja.com.

Andri Putra Kesmawan, Ketua Pengurus Pusat RJI, menambahkan kegiatan perayaan HUT 6 RJI berlangsung hingga sore hari dengan berbagai kegiatan salah satunya muhasabah, introspeksi diri tentang tujuan RJI saat pertama kali dibentuk. Ia mengajak seluruh relawan untuk terus berperan mewujudkan RJI sebagai tempat bertanya terkait dengan tata kelola jurnal sekaligus menjadi rumah para pengelola jurnal yang ada di Indonesia.

“RJI ini rumah, yang harapannya nyaman, sehingga para pengelola Jurnal tidak merasa sendirian. Diharapkan dengan acara ulang tahun ini para anggota yang tadinya menjauh dapat merapat kembali merapat dan turut berkontribusi bukan hanya terhadap RJI tapi buat seluruh pengelola jurnal yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

Di sisi lain RJI ingin terus memotivasi para anggota agar tetap melakukan pendampingan-pendampingan baik sebagai fasilitator di RJI Academi maupun verifikator di journalstories. Beberapa fasilitator RJI Academy meramaikan acara dengan pemaparan metari literasi jurnal yang menjadi kurikulum RJI Acadmy skema Registrasi, semisal Pengenalan Platform Journalstories, Author Contribution, Copyright and Licence Agreement, Artikel Metadata hingga Reference Tool Manager.

Pada momen HUT 6, diberikan pula RJI Award untuk kategori individu, dan Pengurus Daerah (Pengda) yang memiliki kontrubusi aktif dalam kiprah RJI selama ini. Beberapa kategori itu antara lain Paling Banyak Unggah Materi di Zenodo Community, Paling Banyak Memberikan Post di forum.relawanjurnal.id dan Paling Banyak Melakukan Supervisi Jurnal.

“Kami ingin terus berefleksi di usia keenam ini. Harapannya, dengan adanya workshop literasi jurnal dan RJI Award ini dapat menambah ilmu serta semangat bagi masyarakat umum dan anggota RJI dalam menggiatkan publikasi di Indonesia,” pungkas Andri. (Fxh)

RJI

BERITA REKOMENDASI