Rayakan Kemedekaan dengan Berkeliling Merapi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Ratusan pecinta sepeda bakal mengelingi Gunung Merapi 2016. Kegiatan dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 71 ini akan menempuh jarak 125 kilometer, Sabtu (13/08/2016).  Kegiatan ini diprakarsai oleh pecinta sepeda yang tergabung dalam Komunitas Gowes Soewoek atau Soewoek Epic Endurance Cycle (SEEC). Ketua panitia Gowes Kemerdekaan 2016 Hermawan mengatakan, kegiatan ini dimulai 2014 lalu. Saat itu hanya ada 12 orang bersepeda mengelilingi Gunung Merapi.

"Tahun llu ada 50 orang berpartisipasi. Dan sekarang sudah ada 175 orang yang menyatakan kesediaannya untuk ambil bagian. Kita akan menempuh jarak kurang lebih 125 kilometer mulai dari Yogyakarta, Muntilan, Boyolali dan Klaten. Dari ketinggian 100 mpdl hingga 1.600 mdpl," katanya saat audiensi dengan jajaran direksi Kedaulatan Rakyat

, Kamis (11/8).

Peserta akan mengambil start di Hotel Alana pukul 05.30 WIB dan finish di Hotel Royal Ambarukmo sekitar pukul 17.00 WIB atau sekitar 11 jam. Dari 175 peserta yang sudah mendaftar, ternyata justru didominasi dari luar Yogyakarta. Panitia sudah menyediakan enam etape dari rute yang akan ditempuh. Sleman-Muntilan, Muntilan-Talun, Talun-Gowok Sabrang, Gowok Sabrang-Selo, Selo-Klaten dan terakhir Klaten-Hotel Royal Ambarukmo.

Di setiap etape, peserta diberi waktu istirahat antara 10-15 menit. Sedangkan di Selo sekitar 45 menit untuk makan siang dan salat. Saat disinggung kenapa merayakan kemerdekaan dengan mengelilingi Gunung Merapi. Joko Sumiyanto selaku Ketua SEEC mengatakan, jika dulu pejuang tidak mudah dalam merebut kemerdekaan. (Awh)

BERITA REKOMENDASI