Realisasi Pancasila Sebagai Cita-cita Bangsa

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KERJOGJA.com – Buku berjudul ‘Indonesian Dream : Revitalisasi dan Realisasi Pancasila Sebagai Cita-Cita Bangsa’ diluncurkan, Jumat (24/08/2018). Buku terserbut ditulis Elwin Tobing yang juga merupakan Presiden INDATA Consulting dari California Amerika Serikat.

Dalam buku tersebut Elwin Tobing ingin menawarkan adanya revitalisasi narasi Pancasila sebagai cita-cita manusia dan bangsa Indonesia. “Pancasila sebagai suatu cita-cita atau impian sifatnya malah menjadi personal, tidak hanya menekankan negara atau bangsa," tutur Elwin di Ruang Video Conference, Library Digital UNY.

Menurut Elwin Tobing buku yang ditulisnya terinsiprasi oleh dua hal yakni semangat para Bapak Pendiri Bangsa ketika antusias dalam membangun sistem navigasi bangsa dan negara, serta inspirasi lainya yakni kenyataan di tengah masyarakat dan bangsa dewasa ini yang cenderung kurang memahami, memaknai dan menjiwai Pancasila secara menyeluruh.

"Gagasan Indonesian Dream lahir sekitar dua dekade lalu, tepatnya ketika Indonesia berada pada zaman reformasi yang menimbulkan berbagai krisis sosial, ekonomi, politik dan identitas. Semua hal itu menyebabkan Indonesia berada di ambang perpecahan. Krisis yang terjadi pada masa itu mendorong saya mendirikan Indonesian Institute pada 2002 di Amerika Serikat yang bertujuan mengkampanyekan nilai-nilai Pancasila sebagai suatu cita-cita ke seluruh masyarakat Indonesia," katanya.

Doktor bidang ekonomi dari University of Iowa, Amerika Serikat ini menilai Pancasila selama ini cenderung berfungsi sebagai ideologi yang mengatur ketatanegaraan sehingga kurang menyentuh secara personal. Padahal, Pancasila seperti yang dirumuskan Ir Soekarno dan para pendiri bangsa lainnya tidak hanya mengatur ketatanegaraan melainkan juga menyangkut cita-cita manusia dan bangsa Indonesia serta sistem nilai untuk mencapai cita-cita tersebut.

Yogya menjadi kota kedua yang dipilih sebagai lokasi peluncuran buku dan diskusi ini setelah sebelumnya telah digelar di Jakarta pada Senin (20/08/2018). Rencananya ‘Indonesian Dream : Revitalisasi dan Realisasi Pancasila Sebagai Cita-Cita Bangsa’ akan dikampanyekan ke seluruh tanah air. (*)

BERITA REKOMENDASI