REI Expo 2019 Hadirkan Aneka Properti Komersial

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pengembang anggota Real Estat Indonesia (REI) DIY mayoritas memasarkan properti komersial alias segmen kelas menengah ke atas dalam pameran properti bertajuk REI Expo di Atrium Plaza Ambarrukmo Yogyakarta sejak 19 hingga 25 Desember 2019. Pengunjung dapat dengan leluasa memilih properti yang beraneka ragam dalam REI Expo 2019 tersebut. 

Ketua DPD REI DIY Rama Adykasa Pradipta mengakui pertumbuhan bisnis properti di DIY tidak terlalu menggembirakan pada 2019 ini,  namun tidak lebih buruk dibandingkan tahun sebelumnya alias masih stagnan.  Developer di DIY juga masih banyak yang menggarap dan memasarkan hunian kelas menengah ke atas alias komersial dalam REI Expo 2019.

"Dari ketersediaan rumah pengembang di DIY sekiyar 3.000-an unit tetapi yang terserap pasar rata-rata 1.500 hingga 2.000-an unit setiap tahunnya.Kita pun memperkirakan jumlah yang terserap pasar tahun ini sekitar  1.500-an unit pasa tahun ini karena memang ketersediaan rumah tidak bisa dihabiskan dalam satu tahun," ujar Rama disela-sela REI Expo 2019 di Atrium Plaza Ambarrukmo, Sabtu (21/12/2019) malam.

Rama menyampaikan dari total 1.500 unit rumah yang disediakan para pengembang anggota REI DIY adalah rumah komersial dibandingkan rumah bersubsidi atau

Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP)  yang hanya berkisar 250 unit.  Untuk itu,  pihaknya berharap bisa meningkatkan ketersediaan rumah murah tersebut tahun 2020 mendatang.

"Harga rumah subsidike pemerintah di DIY sebesar Rp 140 juta per unit tahun ini,  tahun depan sudah Rp 150 juta per unit.  Teman-teman pengembang di DIY mayoritas 95 persen menjual rumah komersial khususnya segmen menengah ke atas mulai kisaran Rp 400 juta ke atas, termasuk dalam REI Expo 2019 ini," paparnya. 

Dalam REI Expo 2019 ini, pengujung dapat menemukan beragam jenis properti mulai dari rumah, apartemen, perkantoram hingga niaga. Dengan jumlah proyek yang tersebar diseluruh Indonesia dan menghadirkan 32 pengembangan properti terbaik dan empat bank pendukung pameran. 

"REI Expo 2019 diselenggarakan DPD REI DIY  dedi dukung PT. Mavindo Pratama sebagai kelanjutan dari bentuk kontribusi terhadap pemenuhan kebutuhan properti masyarakat luas. Kami sekaligus memperkenalkan website resmi REI DIY yaitu www.reijogja.or.id," pungkas Rama. (Ira)

BERITA REKOMENDASI