Reklame Tak Berizin Sulit Dikendalikan

SLEMAN (KRjogja.com) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) Kabupaten Sleman mengakui mengalami kesulitan dalam penertiban papan reklame. Sejumlah reklame yang dinilai mengganggu pemandangan tersebut telah berizin dari instansi terkait.

Meski Satpol PP telah melakukan penertiban berkala. Tetap saja iklan luar ruangan tak berizin semakin bertambah. Terutama di jalan-jalan utama. Salah satunya di sepanjang Jalan Kaliurang hingga sepanjang Ring Road. Khusus Ringroad, tidak hanya terlarang untuk reklame. Tapi juga baliho. Namun tetap saja ada papan iklan besar yang terpasang di sana.

Kepala Seksi (Kasi) Penyuluhan Pembinaan dan Pengawasan (P3) Satpol PP Sleman menjelaskan reklame liar muncul di hampir seluruh wilayah Sleman. Meski rutin patroli dan langsung mengamankan, tetap saja masih bermunculan. "Reklame-reklame tersebut dinyatakan liar karena tidak memenuji syarat izin konten dan bangunan. Ada yang dibangun sembarangan di tepi jalan. Bahkan menutup rambu lalulintas," katanya.

Selain reklame berupa baliho, kemunculan spanduk melintang di tengah jalan juga sulit dikendalikan. Kondisi ini tentu saja mengganggu para pengguna jalan. Selain bisa membahayakan arus lalu lintas jika jatuh ke bawah, keberadaan spanduk-spanduk tersebut juga merusak keindahan ruang. (Awh)

BERITA REKOMENDASI