Rektor UNY: PIMNAS Jadi Wahana UNY Belajar

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRjogja.com, Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), bagi Sutrisna Wibawa selaku Rektor UNY tak pernah menjadi sekedar gengsi universitas. Entah itu gengsi universitas yang menjadi peserta, jawara, termasuk UNY yang menjadi tuan rumah.

Pimnas tidak cuma penting bagi kampus, tapi justru bagi mahasiswa-mahasiswa yang bertanding. Sebab, mereka akan mendapat pengalaman yang tidak akan diperoleh di perkuliahan.

"Perjuangan dan pengalaman dalam PIMNAS selaras untuk menciptakan generasi unggul yang mampu mempertahankan kebhinekaan. Wahananya untuk belajar hal tersebut, ya lewat PIMNAS ini," ujar Prof Sutrisna Wibawa, Rektor UNY, dalam Konferensi Pers di Digital Library UNY pada Jum'at (07/09/2018) sore merefleksikan gelaran yang telah berlangsung seminggu sebelumnya tersebut.

Melalui Pimnas, mahasiswa-mahasiswa diajak untuk senantiasa berpikir secara kritis, dituntut mampu menganalisis data, dan memahami cara menjadi peneliti. Artinya, mereka mampu mengetahui bagaimana ilmu pengetahuan diciptakan. Terlebih lagi, masuk Pimnas merupakan satu prestasi membanggakan tidak cuma bagi mahasiswa. Melainkan bagi seluruh sivitas akademika universitas masing-masing.

Langkah kaki finalis-finalis untuk sampai ke Pimnas harus dilalui melalui perjuangan yang panjang. Karenanya, mereka dirasa sangat layak mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi pula.

"Itulah mengapa UNY berkomitmen untuk sukses berprestasi dan sukses penyelenggaraan dalam PIMNAS. Kompetisi ini berhasil jadi sarana semua civitas untuk belajar. Lebih peduli dengan penelitian," tutur Sutrisna.

Hasil dari fokus pada prestasi tersebut, terwujud pada prestasi gemilang UNY. dengan meraih total 3 medali setara emas, 4 medali setara perak, 2 medali setara perunggu serta 1 juara favorit. Ketiga medali setara emas dalam 1 kategori poster dan 2 kategori presentasi. Sedangkan 4 medali setara perak diraih dalam kategori 2 presentasi dan 2 poster, serta 2 perunggu diraih dalam kategori poster.

Rektor UNY Sutrisna Wibawa bersyukur UNY berhasil masuk ranking 5 besar. “Hasil ini merupakan anugerah sekaligus tantangan” pungkas Sutrisna Wibawa. (MG-21)

BERITA REKOMENDASI