RI Siap Jadi Tuan Rumah KTT IORA Pertama

SLEMAN (KRjogja.com) – Tahun depan Indian Ocean Rim Association

(IORA) atau organisasi negara pesisir yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia akan memasuki usia ke-20. Indonesia selaku Ketua IORA periode 2015-2017 akan menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) untuk pertama kalinya.

Sebelumnya, ke-21 anggota IORA mengadakan pertemuan di Yogyakarta melalui simposium internasional. Mengambil tema 'The 20th Anniversary of IORA: Learning From The Past and Charting The Future, diharapkan ada masukan dari banyak pihak termasuk para pemangku kebijakan untuk terlibat melihat arti penting dari kerjasama in.

"Di IORA telah ada kesepakatan, berupa concord. IORA concord harus memiliki kemampuan yang dapat memanfaatkan sebesar-besarnya kapasitas negara-negara lingkar Samudera Hindia," kata Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia AM Fachir usai membuka simposium di Hotel Hyatt, Rabu (14/09/2016).

Lingkup kerja sama IORA yang tertuang dalam Concord, harus ditekankan pada pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di kawasan. Setidaknya ada enam fokus utama dari kerjasama ini. Keamanan dan pertahanan maritim, manajemen perikanan, fasilitasi perdagangan dan investasi, akademik dan IPTEK, promosi pariwisata serta sosial budaya.

"Hal penting lainnya, IORA Concord harus dapat mengatasi isu-isu non-tradisional di kawasan. Seperti IUU fishing, perdagangan manusia hingga peredaran narkoba dan obat terlarang," tegasnya. (Awh)

BERITA REKOMENDASI