Ribuan Anak Muda Yogya Cari Peluang Kuliah di 95 Perguruan Tinggi Eropa

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Ribuan pelajar dari berbagai wilayah di DIY dan sekitarnya Selasa (13/11/2018) siang, dengan sangat antusias menyerbu Jogja Expo Center (JEC). Anak-anak muda tersebut ingin bertatap muka secara langsung dengan 95 lembaga pendidikan tinggi di Eropa yang ikut dalam kegiatan Pameran Pendidikan Tinggi Eropa (EHEF) 2018. 

Wakil Kepala Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Charles-Michel Geurts mengatakan gelaran EHEF kali ini merupakan yang keempat dilaksanakan di Yogyakarta. Menurut dia, setiap tahun animo pelajar di DIY dan sekitarnya semakin besar yang membuat pihaknya terus bersemangat mengadakan acara serupa. 

“Saat ini ada 11 ribu mahasiswa Indonesia yang belajar di Eropa dan setiap tahun tak kurang 6.300 orang berangkat ke berbagai negara untuk melanjutkan studi. Kami kembali ke Yogyakarta lagi tahun ini setelah sebelumnya sukses menggelar acara serupa di Bandung dan Jakarta,” ungkapnya usai pembukaan Selasa (13/11/2018) siang. 

Dari negara-negara di Eropa menurut Geurts ada beberapa yang menjadi sasaran utama para pelajar Indonesia diantaranya Inggris Raya, Jerman dan Belanda. “Di acara EHEF ini kami pertemukan para pelajar Yogyakarta secara langsung dengan pihak universitas agar mendapat pengetahuan lebih dalam baik itu program yang ditawarkan maupun kemungkinan jalur beasiswa,” sambungnya.

Berbagai bidang ilmu pengetahuan memang ditawarkan oleh 95 perguruan tinggi di Uni Eropa. Namun sebagian besar memang menghadirkan pilihan belajar untuk pendidikan Strata 2 dan Strata 3. 

EHEF 2018 sendiri sedikit berbeda dibandingkan tahun 2017 lalu. Saat ini jumlah perguruan tinggi yang ikut serta lebih banyak dibandingkan tahun lalu yakni 87 institusi. Sementara jumlah negara juga lebih banyak yakni 17 dibandingkan tahun lalu 11 negara. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI