Ribuan Paket Ilegal Senilai Rp 1 M Dimusnahkan

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRjogja.com – Ribuan paket barang impor Ilegal dimusnahkan petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) B Yogyakarta, Jumat (9/4). Barang bernilai hampir Rp 1 miliar itu, dimusnahkan karena masuk ke Indonesia tanpa dokumen yang lengkap.

Kasi Pelayanan Kepabeanan dan Bea Cukai Yogyakarta, Turanto Sihwardoyo mengatakan, barang yang dimusnahkan sebanyak 2.169 item senilai Rp 998.345.720. Produk yang dimusnahkan antara lain, jam tangan, HP, buku, CD, alat kesehatan, alat pancing, obat makanan, suplemen, kosmetik, pakaian, sepatu dan seks toys.

“Paling banyak adalah pakaian, baik yang terlihat baru atau bekas. Barang yang dimusnahkan mayoritas masuk melalui kiriman pos, sejak pertengahan 2020 hingga saat ini. Ada barang yang memang dilarang, dibatasi pengirimannya dan yang tidak diurus ketentuannya oleh pemilik,” ungkap Suranto, usai pemusnahan.

Barang-barang tersebut, dimusnahkan dengan cara dihancurkan dan dibakar dengan tujuan merusak atau menghilangkan fungsi dan sifat barang sehingga tidak bisa digunakan. Turanto menambahkan, dilihat dari volume kiriman barang ilegal, terjadi penurunan hingga 50 persen. Hal itu menurut Turanto, bisa dilihat dari berbagai sisi, antara lain pemahaman masyarakat terkait kelengkapan dokumen, mulai meningkat.

Kepala Kantor Sentra Pengolahan Pos Plemburan, Anton Krisna Susantio menyebut, selama ini barang kiriman dari luar didominasi dari Asia, seperti China, Hongkong, Malaysia, Singapura dan Eropa. Mayoritas merupakan barang tersebut pesanan melalui jual-beli online. (Ayu)

 

BERITA REKOMENDASI