RS Panti Rapih Resmikan Gedung Borromeus 6 Lantai

YOGYA, KRJOGJA.com – Gedung Borromeus (Gedung Rawat Jalan Terpadu) RS Panti Rapih (RSPR) Yogyakarta diresmikan Sabtu (29/6). Gedung  6 Lantai dan 3 Lantai Basement, dengan tinggi 30 meter total luas 30.895,72 m2,  untuk menampung peningkatan jumlah kunjungan pasien rawat jalan, dan parkir yang berkapasitas 277 mobil dan 397 sepeda motor. 

"Memasuki usia 90 Tahun RS Panti Rapih menunjukkan tekad meningkatkan pelayanan medik yang holistik dengan pembangunan gedung yang membanggakan, menunjukkan  kekayaan Yogya sebagai kota pelayanan kesehatan prima dan tujuan wisata dunia," ungkap Gubernur DIY Sri Sultan HB X  saat  Peresmian di Lt VI Gedung Borromeus. 
Peresmian diawali dengan Pemberkatan oleh Uskup Kesukupan Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko, pada pagi harinya dengan misa selebran bersama beberapa pastor lainnya. 

Sedangkan Peresmian dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Sri Sultan HB X bersama Uskup Mgr R Rubiyatmoko dengan didampingi Provinsial Kongregasi Suster Cinta Kasih Santo Carolus Borromeus Sr Yustiana Wiwiek Iswanti, Dirut RS  Panti Rapih dr Teddy Janong MKes

Lebih lanjut Sultan menyebutkan dengan gedung yang megah, fasilitas, peralatan dan tenaga profesional/ahli yang dimiliki RS Panti Rapih  tidak kalah dengan Luar Negeri, "Koordinasi tim dokter perlu ditingkatkan supaya pasien tidak ragu berobat di RS Panti Rapih tanpa harus ke LN. Selama ini orang yang berobat ke LN seperti Malaysia maupun Singapura karena  tim dokter di sana kompak dan komunikasi lancar. Menjadi tantangan untuk membentuk tim dokter yang solid, dengan sertifikasi Paripurna Bintang 5," ungkap Sultan

Disebutkan saat ini pelayanan emergency/gawat darurat RS menjadi kebutuhan utama karena serangan penyakit mendadak, kecelakaan atau bencana alam perlu penanganan cepat, keterlambatan penanganan bisa menyebabkan kematian atau cacat. "Meningkatkan akses kesehatan bagi masyarakat, meningkatkan SDM  menuju Indonesia Sehat 2020, dengan Fasilitas BPJS, derajad kesehatan lebih meningkat,"  jelas Sultan. 

Sebelumnya Ketua Umum Pengurus Yayasan Panti Rapih T Hani Handoko PhD menyebutkan Gedung Borromeus sebagai instalasi rawat jalan terpadu akan memuat Klinik Umum, Klinik Spesialis, Klinik Eksekutif, Medical Check Up, Laboratorium, Radiologi, Farmasi, Rehabilitasi Medis dan berbagai pendukung rawat jalan. "Pembanguan 677 hari dari 24 Juli 2017 sampai 31 Mei 2019," ucap Hani. (M-3)

BERITA REKOMENDASI