RS PKU Muhammadiyah Gamping ‘Kebakaran’

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN (KRjogja.com) – Dua orang pasien yang berada di lantai III RS PKU Muhammadiyah Gamping Sleman terjebak di atas karena terjadi kebakaran. Jalan untuk turun, dipenuhi asap sehingga terpaksa dua orang pasien tersebut dievakuasi secara bergantian menggunakan tali. Meski berlangsung dramatis, seluruh pasien dipastikan selamat dalam kejadian ini.

Peristiwa tersebut merupakan bagian dari simulasi penanganan bencana kebakaran yang dilaksanakan pihak RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sabtu (29/10/2016). Agar seperti penanganan evakuasi sebenarnya, simulasi ini juga melibatkan petugas pemadam kebakaran dari Pemkab Sleman, anggota Kepolisian dari Polsek Gamping dan tak ketinggalan para perawat dan sekuriti rumah sakit setempat.

Menurut Direktur RS PKU Muhammadiyah Gamping, dr Ahmad Faisol Sp Rad MKes MMR kegiatan simulasi seperti itu rutin dilaksanakan satu tahun sekali. Tujuannya tak lain agar semua petugas di rumah sakit tersebut selalu siaga bila sewaktu-waktu terjadi kejadian yang tak diinginkan.

“Simulasi memang dibuat sedekat mungkin dengan kejadian sesungguhnya, agar semua personel selalu siaga. Orang yang tidak tahu akan mengira kejadian sesungguhnya. Kami berharap dari simulasi ini seluruh petugas di rumah sakit selalu siap,” tegasnya.

Dalam skenario simulasi Direktur terlibat langsung memberi komando penanggulangan bencana di Pusat Pengendalian Operasi Lapangan, bersama Komandan Bencana dr Adnan Abdullah Sp THT-KL. Dalam skenario tersebut bencana bisa diatasi, seluruh pasien dan karyawan selamatkan dengan mengevakuasi ke tempat lain. Termasuk di antaranya yang harus meluncur dari lantai III menggunakan peralatan flyng fox. (War)

BERITA REKOMENDASI