RSIY PDHI Yogyakarta Resmikan Gedung Baru

Editor: Ary B Prass

SLEMAN, KRJOGJA.com – RSIY PDHI Yogyakarta launching Gedung Zam-Zam, Jumat (22/7/2022). Peresmian gedung tiga lantai ini berkapasitas 20 kamar VIP dan delapan kamar super VIP ini dilakukan oleh GKR Hemas serta dihadiri Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa.

Untuk kamar rawat inap semuanya ada di lantai 1. Sedangkan lantai 2 ada instalasi bedah sentral, yang meliputi empat ruang operasi dan intensive care unit dengan kapasitas 16 bed. Untuk lantai 3 difungsikan untuk ruangan mesin. Proses pembangunan gedung sempat ada jeda pada 2020 karena pandemi. “Jadi total bersih pembangunannya selama dua tahun,” kata Dirut RSIY PDHI Yogyakarta Bima Ahmad Bina Nurutama.

Dengan adanya fasilitas baru ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan RSIY PDHI Yogyakarta kepada masyarakat terutama di bidang kesehatan. Sebelum ini, RSIY PDHI Yogyakarta hanya memiliki dua ruang VIP. Di sisi lain permintaan masyarakat cukup tinggi.

“Meskipun 60-70 persen pasien kami adalah peserta BPJS Kesehatan. Namun, kami tetap berupaya memberikan pelayanan maksimal. Apalagi jika regulasi kelas standar oleh BPJS Kesehatan akan segera ditetapkan. Dari pada kami menambah ruang rawat inap kelas 1, 2 atau 3. Lebih baik kami langsung untuk kelas untuk non standar,” ungkapnya.

Peresmian gedung baru ini diharapkan GKR Hemas dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat sekitar. Terutama bagi warga yang tinggal di Yogyakarta sisi timur. Mereka dapat merasa aman karena disekitar tempat tinggal mereka terdapat RS dengan fasilitas kesehatan yang memadai.

“Bagi masyarakat kami menghimbau untuk tetap menerapkan pola hidup sehat. Meskipun usia harapan hidup DIY untuk termasuk tinggi di Indonesia, tidak dapat dipungkiri semakin banyak masyarakat usia produktif yang sudah terkena penyakit kronis. Seperti jantung, stroke hingga sudah harus menjalani cuci darah,” ujarnya.

Sementara itu Wabup Sleman Danang Maharsa berharap RSIY PDHI Yogyakarta dapat turut serta mewujudkan masyarakat Sleman dan DIY yang sehat lahir batin.  (Awh)

BERITA REKOMENDASI