RSUD Prambanan Lulus Akreditasi

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Mengawali tahun 2019, RSUD Prambanan berhasil lulus akreditasi berdasarkan penilaian tanggal 5-8 Desember 2018 yang dilakukan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dengan predikat 'Paripurna'. Sertifikat diserahkan langsung oleh Ketua Eksekutif KARS Dr dr Sutoto MKes kepada Direktur RSUD Prambanan drg Isa Dharnawidjaja MKes di Gedung KARS Epicentrum Walk Jakarta Selatan.

Menurut Isa, RSUD Prambanan berhasil melaksanakan ketugasan rumah sakit sesuai dengan kriteria penilaian yang dilakukan tim akreditasi sehingga berhasil lulus. Penilaian meliputi sasaran keselamatan pasien, standar pelayanan berfokus pasien dan standar manajemen rumah sakit.

"Termasuk juga pelaksanaan program nasional meliputi menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi, menurunkan angka kesakitan HIV/AIDS, menurunkan angka kesakitan TB, pengendalian resistensi antimikroba, dan pelayanan geriatri serta integrasi pendidikan kesehatan dalam pelayanan di rumah sakit," ujarnya.

RSUD Prambanan merupakan rumah sakit umum kelas C di Kabupaten Sleman dan berdasarkan UU No 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit, disebutkan bahwa upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal 3 tahun sekali.

"Tujuan pengaturan akreditasi adalah untuk meningkatkan perlindungan bagi masyarakat, sumber daya manusia di rumah sakit dan rumah sakit sebagai institusi, mendukung program pemerintah di bidang kesehatan dan meningkatkan profesionalisme rumah sakit Indonesia di mata internasional," jelas Isa. (Has)

BERITA REKOMENDASI