RSUP Dr Sardjito Raih Penghargaan ‘Green Hospital’

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito Yogyakarta memperoleh Penghargaan ‘Green Hospital’ Tahun 2019, Juara I Kategori RS UPT Vertikal dan RS Rujukan Nasional. Penghargaan diserah-kan  Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Kantor Kemenkes, Jakarta, Selasa(12/11),  dalam rangkaian Hari Kesehatan Nasional ke-55.

Pada Peringatan HKN ini disampaikan penghargaan dan penghormatan kepada para insan kesehatan yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah untuk melaksanakan pembangunan kesehatan  dalam mempersembahkan Generasi Sehat IndonesiaUnggul.

“Kita berharap Generasi Sehat yangkita perjuangkan bersama dapat menjadisumber daya manusia unggul  yang akan mengisi 100 tahun Indonesia merdeka pada tahun 2045, bertepatan saat bonus demografi untuk mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju, makmur dan sejahtera,” ujar Menkes.

Menkes mengatakan, waktu 5 tahun angka stunting telah berhasil diturunkan hampir 10 persen. Jaminan  Kesehatan Nasional atau JKN telah dilaksanakan sepenuhnya. Walaupun besar tantangan yang dihadapi  dalam penyelenggaraan JKN, peningkatan pemanfaatan JKN menjadi bukti bahwa JKN sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia.

Untuk itu, perlu dicari solusi bagaimana mengatasi masalah yang dihadapi saat ini dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan yang lebih adil dan merata. Isu kesehatan lainnya yang juga harus di-atasi yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaanalat kesehatan buatan dalam negeri. 

“Hal-hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kitabersama untuk dapat segera diupayakan so-lusinya,” kata Menkes. Menkes menjelaskan, pada lima tahun masa tugas Kabinet Indonesia Kerja 2014-2019, pembangunan kesehatan telah memperjuangkan tiga pilar yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan, dan penyediaan biaya JKN.

Ketiga pilar diusungmelalui kegiatan promotif dan preventif de-ngan beberapa program unggulan bidang ke-sehatan, seperti Gerakan Masyarakat HidupSehat (Germas), Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dan Nusantara Sehat (NS). Menkes juga minta pembangunan kesehatan di daerah serta pemanfaatan anggaranharus dilaksanakan dan dikelola secara baik, benar dan  bertanggung  jawab,  akuntabel,transparan serta dengan sistem monitoring evaluasi yang ketat. (KR)

BERITA REKOMENDASI