Rumah Sandi Uno DIY Komitmen Berdayakan Ekonomi Rakyat

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Rumah Sandi Uno Indonesia (RSI) DIY melakukan kunjungan ke sejumlah UMKM di wilayah Sleman, Sabtu (11/07/2020). Kunjungan ini dalam rangka melaksanakan program penekanan pemberdayaann ekonomi kerakyatan melalui UMKM dan kegiatan sosial kemasyarakatan.

Kunjungan ini dipimpin langsung Ketua DPW, Rita Mariani yang didampingi oleh Wakil Ketua Agussalim Syofyan, Bendahara Diana Nuke dan Sekretaris Armandira Maulana serta sejumlah pengurus lainnya. Dalam kunjungan di Jamprangan Prambanan Sleman, Rita mengatakan perlu ada terobosan alternatif untuk mengangkat ekonomi rakyat dengan menciptakan peluang usaha baru di tengah situasi ekonomi sulit karena pandemi Covid-19 ini.

“Tanaman Aloevera ini bagus, mudah dalam proses penanaman dan gampang didapat benihnya. Selain itu hasilnya bisa menjadi olahan apa saja dan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi bagi masyarakat,” ujar Rita.

Melalui program ini Rita mengatakan pihaknya akan bekerjasama dengan sejumlah mitra untuk menaman Aloevera. Hasilnya yang diperoleh nantinya akan dimanfaatkan bersama sehingga dapat menggerakan perekonomian rakyat.

Ketua Bidang UMKM dan Kewirausahaan DPW RSI DIY, Ety Agus Tristiyanti menambahkan Aloevera dapat diolah dalam berbagai bentuk pangan, minuman dan kosmetik serta obat-obatan. Permintaan akan aloevera itu sangat tinggi sementara pasokannya terbatas, padahal proses penanamannnya sangat mudah bahkan dapat tumbuh dengan subur dalam lahan yang sempit sekalipun.

“Sehingga sangat memungkin masyarakat yang tidak punya lahan pun dapat menanam aloevera dalam media pot atau polybag di pekarangan maupun teras rumah masing-maing. Dengan harga jual yang tinggi sehingga cukup menjanjikan buat penghasilan tambahan dari keluarga-keluarga,” jelasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI