Rumput Gajah Redakan Sakit Saat Menstruasi

Editor: Ivan Aditya

RUMPUT gajah biasanya ditanam oleh petani untuk pakan ternak, namun juga bisa tumbuh liar di pematang sawah, perkebunan, ladang. Umumnya bagi petani yang malas tidak merumput, maka dengan adanya rumput gajah alternatif pertama pengganti. Kambing, lembu kerbau sangat suka memakan rumput gajah, untuk itulah maka banyak juga dibudidayakan sebagai penghasil tambahan. Tidak banyak yang tahu manfaat rumput gajah untuk kesehatan, karena umumnya petani mengetahui sebagai makanan ternak.

Dalam Serat Jampi Jawi yang memuat hampir 291 resep tradisional, yang terdiri dari umbi, batang, daun dan akr tumbuhan di sekitar kita bisa dimanfaatkan sebagai obat yang sangat manjur. Salah satunya adalah rumput gajah, ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan.

“Yen wadonira lagi lara wetenge amarga nggarapsari, ombenana banyu godhogan suket gajah. Semono uga yen ana sing ngalami angel anggone pipis, amarga ngalami infeksi ngombea banyu godhogan suket gajah”. Kalau isterimu sakit perut ketika datang bulan, minumlah ramuan minuman rumput gajah. Juga ketika kalian ada yang sulit buang air, karena infeksi minumlah ramuan rumput gajah pasti sembuh. Demikian kira-kira bunyi kalimat dalam Serat Jampi Jawi, yang merupakan warisan leluhur sebagai resep kesehatan tamba teka lara lunga yang hingga kini masih dilestarikan.

Bagi wanita yang sedang datang bulan atau menstruasi, biasanya perutnya merasa sakit, mual-mual, cobalah minum ramuan minuman rumput gajah. Dengan mengkonsumsi atau minum secara teratur, sakit perut ketika menstruasi akan reda atau hilang. Bagi yang mengalami permasalahan pada pernafasan, akibat paru-paru sakit sehingga sangat menyiksa. Biasanya karena mandi malam hari, bakteri, merokok dan lain sebagainya, akan reda setelah meminum ramuan rumput gajah secara rutin.

Rumput gajah ternyata juga mampu mengatasi seseorang yang sulit tidur, atau imsonia dengan mengonsumsi ramuan rumput gajah akan reda dengan sendirinya. Minumlah secara rutin sebelum tidur, akan membuat tidur semakin berkualitas. Ginjal, merupakan organ vital pada tubuh manusia yang bisa memilah mana zat-zat yang berguna maupun tidak bagi tubuh manusia. Cobalah dengan minum ramuan rumput gajah, akan membuat ginjal semakin berfungsi dengan baik.

Lantas bagaimana membuat rumput gajah bisa dijadikan manfaatnya untuk kesehatan tubuh, dan bisa menjadi obat yang mujarab. Sediakan rumput gajah secukupnya, cuci bersih, rendam dalam air sebentar kemudian diperas. Usahakan air perasan tinggal menjadi tiga gelas, kemudian rebus hingga mendidih sampai satu gelas. Ramuan minuman tumput gajah bisa diminum setelah dingin atau suam-suam kuku, secara rutin dan teratur. Inilah resep para leluhur yang tertulis pada Serat Jampi Jawi, dimana sekitar kita kaya akan tumbuhan yang mampu dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. (Sutopo Sgh)

BERITA REKOMENDASI