RW 04 Mrican Gerakkan Pemanfaatan Pekarangan Lahan Terbatas

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Rukun Warga (RW) 04 Mrican Caturtunggal Depok Sleman tengah menggerakan pemanfaatan pekarangan lahan terbatas. Gerakan tersebut untuk mengisi sekaligus mendukung ketersediaan pangan keluarga khususnya sayuran dan bahan makanan lainnya. Hal tersebut juga ikut menggerakkan kegiatan masyarakat terlebih menghadapi pandemi Covid-19.

Ketua Dasa Wisma Kartini RT 09/RW 04 Mrican Caturtunggal Depok Sleman Marlina Handayani mengatakan gerakan menanam di pekarangan rumah tersebut, selain memenuhi ketersediaan pangan keluarga, pastinya juga dapat menghasilkan keuntungan ekonomi. Pekarangan lahan terbatas ini dapat dimanfaatkan untuk menanam sayuran, buah-buahan hingga pembuatan kolam ikan apalagi di masa pandemi ini.

“Kita mendorong gerakan pemanfaatan pekarangan lahan terbatas itu agar dapat membantu ketersediaan pangan masyarakat, khususnya warga sekitar di lingkungan kami. Kegiatan pemanfaatan pekarangan lahan terbatas tersebut antara lain dapat ditanami sayuran seperti terong, pare, gambas, mentimun dan sebagainya. Ada kolam yang dimanfaatkan untuk memelihara ikan seperti ikan lele dan lainnya,” tutur Marlina kepada KR, Rabu (25/11).

Marlina menyampaikan warga sekitar menanam dan memanfaatkan pekarangan lahan terbatas di rumahnya masing-masing untuk kebutuhan sehari-hari. Terutama selama pandemi Covid-19 ini justru sangat membantu kebutuhan pangan masyarakat. Benih sayuran dan buah-buahan sangat mudah didapatkan dengan harga murah sehingga tidak memberatkan warga.

BERITA REKOMENDASI