Sabu untuk Perayaan Tahun Gagal Diedarkan

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Satreskoba Polres Sleman mengamankan kurir sabu jaringan lapas berinisial RAW (35). Lelaki asal Magelang Jawa Tengah itu ditangkap saat berada di Jalan Urip Sumoharjo Magelang belum lama ini. Dari tangan RAW disita barang bukti berupa sabu-sabu seberat 100,95 gram.

“Barang bukti sabu, kami temukan saat dilakukan penggeledahan di rumah tersangka. Sabu  dikemas dalam plastik klip yang terbungkus tisu dan dilakban warna merah. Selain itu kami juga menyita handphone sebagai barang bukti. Tersangka merupakan jaringan antarlapas dan jaringan internasional,” ungkap Kasat Narkoba AKP Irwan SIK didampingi Kaur Bin Ops Iptu Farid M Noor di mapolres setempat, Kamis (14/12/2021).

Jaringan tersangka diduga melibatkan napi dari sejumlah lapas di luar DIY, sedangkan sabu diduga dari Malaysia. Meskipun ditangkap di Magelang namun Kasat mengatakan sabu itu akan diedarkan untuk wilayah Yogya. “Akan diedarkan untuk tahun baru, beruntung barang haram itu berhasil kami sita,” ujar Irwan.

Dengan asumsi satu gram sabu bisa dikonsumsi untuk 15 orang, dengan digagalkannya sabu seberat 100 gram lebih itu, berhasil selamatkan 1.500 orang dari bahaya narkoba. Kasat menambahkan, tersangka RAW merupakan perantara atau kurir yang mendapatkan perintah dari seseorang untuk mengambil sabu.

Tersangka juga bertugas membawa barang terlarang itu ke lokasi tertentu atau kepada orang lain yang ditentukan oleh jaringan di atasnya. Selain imbalan uang, dari aksinya itu tersangka juga mendapatkan bonus sabu yang ia konsumsi sendiri.

“Pengakuannya sudah empat kali ambil barang (sabu). Tersangka ini selain memperoleh imbalan uang, juga mendapatkan sabu untuk dikonsumsi sendiri. Sabu yang akan dikonsumsi tersangka biasanya ditempelkan di paket sabu yang akan diedarkan,” pungkas Irwan. (Ayu)

BERITA REKOMENDASI