Sambil Cek PTM, Puan ‘Mengajar’ di SDN Godean 1

SLEMAN, KRJogja.com – Ketua DPR RI Puan Maharani, Kamis (11/11) dalam kunjungannya di Kabupaten Sleman menyempatkan diri mengajar tentang kepahlawan kepada siswa SDN 1 Godean 1 Sleman.  Cucu Presiden Pertama RI,  Soekarno tersebut mengingatkan tentang jiwa kepahlawan dan jasa mereka terhadap terbentuknya Republik Indonesia. Pertanyaan pun dimunculkan, untuk menguji kemampuan siswa dalam mengetahui sejarah perjuangan bangsa.

“Siapa yang menjahitkan bendera merah putih yang dikibarkan saat proklamasi kemerdekaan RI,” tanya Puan di saat mengajar singkatnya di Kelas 5B dengan disaksikan Walikelas  Dwi Ismayati.

Pertanyaan tersebut, langsung dijawab salah satu siswa, Rafa Naufal Radiya, “Fatmawati.”

Ini belum saya tunjuk sudah jawab. Cepat sekali. “Betul,” jawab Puan yang kemudian memberikan hadiah tas sekolah sebagai apresiasi atas jawabannya.

Sejumlah pertanyaan pun disampaikan Puan, dan banyak yang mengacungkan tangan untuk mendapatkan kesempatan untuk menjawab. Misalnya apa itu pahlawan, apa saja sila dalam Pancasila, Siapa yang menciptakan lagu Indonesia raya. Semua pertanyaan dapat dijawab oleh siswa.

Kunjungan Puan di SD tersebut untuk melihat pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas. Dalam pembelajaran tersebut, terlihat pelaksanaan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak dalam belajar, maupun menggunakan masker.

Hadir dalam kunjungan tersebut, Anggota Komisi X DPR RI yang juga Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan, My Esti Wijayati, Bupati Sleman Hj Kustini Sri Purnomo dan Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa. Hadir pula, para wakil orang tua murid dan tokoh masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut, sekaligus diserahkan bantuan sejumlah laptop pada sekolah. Yang diterimakan oleh Kepala Sekolah, Rahmad Susila disaksikan Bupati dan Wakil Bupati Sleman. Sedangkan sekolah memberikan kenang-kenangan buku cerita anak berjudul ‘Sepatu Bekas dari Tong Sampah’, karya guru setempat, Akhyadi. (Jon)

BERITA REKOMENDASI