Sambut Tahun Baru, Festival Merapi Kembali Digelar

SLEMAN, KRJOGJA.com – Menjelang pergantian tahun baru 2020 yang tinggal menyisakan beberapa hari lagi, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman kembali menggelar Festival Merapi 2019. Event yang menampilkan pertunjukan seni Jathilan 24 jam non stop ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih, Sabtu (21/12/2019), di Kantor Desa Pakembinangun, Pakem, Sleman. 

Baca Juga: Banyak Diborong, Durian Musangking Gunungwungkal Kuasai Pulau Jawa

Sudarningsih menyebutkan Festival Merapi 2019 kali ini digelar di tiga tempat berbeda, yakni di Tlogo Putri Kaliurang, Kantor Desa Pakembingangun dan Lapangan Denggung. Menurut dia event yang dilaksanakan selama dua hari itu, yakni pada tanggal 21 dan 22 Desember 2019, dimeriahkan oleh 16 group Jathilan se-Kabupaten Sleman. 

“Saya harap ini dapat meningkatkan kunjungan pariwisata ke Kabupaten Sleman," jelasnya. 

Sementara Kabid Pemasaran Pariwisata, Eka Priastana Putra, menyebutkan bahwa event ini sudah kali ketiga diadakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman. Ia mengatakan pihaknya ingin menyuguhkan pertunjukan yang tidak biasa demi menarik minat wisatawan untuk datang ke Sleman. 

“Dengan festival 24 jam non stop, penonton jadi bisa menyaksikan pertunjukkan jathilan dari malam hingga dini hari”, ungkapnya usai membuka acara di Tlogo Putri Kaliurang, Minggu (22/12/2019). 

Baca juga: Terduga Teroris Ditangkap di Berbah, Sultan Ingatkan Komitmen 'Jaga Warga'

Adapun acara yang digelar di Lapangan Denggung dibuka oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Edy Sumekto Nugroho. Festival Merapi 2019 kali ini tak hanya mementaskan seni Jathilan saja, namun juga menampilkan sejumlah kesenian lainnya, seperti tari kreasi, band, seni hadroh, Dagelan Mataram, barongsai, dan ketoprak. Pada Festival Merapi 2019 ini juga diadakan lomba foto dengan tema “Fun and Movement”, yang terbuka untuk umum.(Humas Sleman)

 

BERITA REKOMENDASI