‘Sapa Aruh’ Komandan, Kepedulian Polda DIY Kepada Anggota Yang Isoman

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Banyaknya anggota yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) karena terpapar Covid-19, menjadi perhatian pucuk pimpinan Polda DIY. Sebagai salah satu bentuk kepedulian, Polda DIY melakukan ‘sapa aruh’ virtual bagi anggota yang isoman.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto SIK, Rabu (14/07/2021) menjelaskan, program yang diinisiasinya ini bertujuan memberikan semangat kepada anggota. “Seperti dalam istilah budaya kita ‘ngaruhke’, menyapa dari pimpinan kepada anggotanya yang sedang isoman. Sampai saat ini, ada 200 lebih anggota yang sedang isoman karena terpapar Covid-19,” ujar Yuliyanto.

Kabid Humas menyebut, ‘sapa aruh’ bentuk perhatian dari pimpinan kepada anggota, dilakukan melalui komunikasi terapeutik virtual. Komunikasi terapeutik, lanjutnya, adalah keterampilan seorang perawat untuk membantu klien beradaptasi terhadap situasi yang dialami, dalam hal ini anggota yang isoman.

Wakapolda DIY Brigjen Pol R Slamet Santoso saat memberikan motivasi kepada anggotanya menyampaikan dukungan dan rasa empati dari pimpinan Polri terhadap anggota yang menjalani isoman. “Saya pribadi mewakili jajaran pimpinan sangat berempati terhadap anggota yang saat ini sedang isoman,” ucapnya.

Jenderal bintang satu yang pernah menjabat sebagai Kapolresta Yogyakarta tersebut memberikan tips kepada anggotanya agar cepat kembali pulih yakni dengan selalu berpikir positif dan melakukan hal yang membuat badan tetap bugar, serta pola asupan gizi yang sehat. “Selalu berpikir positif dan sering berolahraga, serta selalu makan makanan yang bergizi,” pesan Wakapolda di hadapan anggota melalui virtual zoom.

Dirinya juga berpesan, jika anggotanya mengalami gejala yang semakin buruk agar segera melaporkan ke atasan sehingga dapat langsung teratasi melalui pelayanan kesehatan yang dimiliki Kepolisian. Selain pemberian motivasi oleh Wakapolda, ‘sapa aruh’juga disi oleh Karumkit Bhayangkara Kompol dr Theresia Lindawati, SpF serta berkonsultasi tentang kesehatan. (Ayu)

BERITA REKOMENDASI