Sardjito Rawat Satu Lagi Pasien Suspect Corona

SLEMAN, KRJOGJA.com – RSUP Dr Sardjito kembali merawat seorang pasien suspect Corona yakni balita berusia 3 tahun. Pasien tersebut mengalami gejala pneumonia dan sebelumnya dirawat di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

dr Amalia Tiati, dokter spesialis anak konsultan paru RSUP Dr Sardjito mengatakan pasien berusia 3 tahun tersebut diketahui baru saja melakukan perjalanan ke Depok Jawa Barat pada 27 Februari sampai 3 Maret lalu. Namun, dari analisis tidak ada kontak dengan orang yang sudah diketahui positif Virus Corona sebelumnya.

“Namun karena dia setelah pulang sekitar tanggal 3 Maret ada gejala batuk pilek dan habis berkunjung ke daerah positif makan statusnya dalam pengawasan. Sudah kami rawat, sebelumnya dirujuk dari RS PKU Jogja. Kondisinya sampai tadi masih demam, siang ini sudah tidak demam dan tidak ada sesak nafas,” ungkapnya pada wartawan Selasa (10/3/2020) sore.

Meski begitu, sample swab tenggorokan dan darah pasien sudah dikirim ke Litbangkes Kementrian Kesehatan dan saat ini tinggal menunggu hasilnya keluar. Sardjito mendiagnosa pasien tersebut mengalami Pneumonia yang diduga disebabkan bakteri.

“Penanganannya diberi antibiotik, di manajemen pneumonia biasa, sama dengan pasien yang lain, di ambil sampel, dan masih dalam monitoring. Penyebabnya masih sulit, apakah bakteri atau bukan, namun saat ini masih di ruang isolasi,” lanjut dia.

Plh Direktur Utama RSUP Dr Sardjito, Rukmono Siswishanto menambahkan sampai saat ini tidak ada pasien yang positif terinfeksi Corona COVID-19 yang dirawat di Sardjito. Rukmono kembali mengingatkan masyarakat tak perlu khawatir dan tetap menjaga hidup sehat agar terhindar dari penyakit baik disebabkan virus maupun bakteri. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI