Satgas Bencana BUMN Bagikan 5000 Masker Bagi Masyarakat DIY

SLEMAN, KRJOGJA.com – Satgas Bencana BUMN yang dimotori PT Askrindo membagikan 5000 masker bagi masyarakat DIY guna memutus penyebaran Covid-19.

Koordinator Wilayah Satgas BencanaWilayah DIY Edi Setijono mengatakan Satgas Bencana BUMN ini dibentuk di Jakarta dan dibaeah kordinasi oleh Kementerian BUMN. Khusus di wilayah DIY tergabung 29 BUMN lain yang nantinya akan berkoordinasi membagikan bantuan. Selanjutnya, dibentuk tim koordinasi seperti di Kota Yogyakarta oleh Himbara, Kulonprogo dibawah koordinasi PT Angkasa Pura, Kabupaten Bantul oleh Pertamina dan Gubungkidul oleh PT Telkom.

“Masker yang dibagikan memiliki tiga lapisan dan sudah memenuhi standar kesehatan. Penggunaan masker efektif guna mengurangi penyebaran Covid-19 dan nantinya akan diteruskan oleh tim di lapangan,” kata Edy.

Edy menjelaskan sesuai dengan instruksi Kementerian BUMN, pembagian masker dilakukan di sejumlah lokasi strategis yang dinilai banyak terjadi interaksi masyakarat, yakni pasar tradisional dan terminal. Menggunakan masker dinilai mampu mengurangi terjangkitnya virus Corona hingga 95 persen dan sebelumnya Satgas Bencana BUMN telah memberikan bantuan bagi masyarakat saat tanggap darurat berupa bantuan sosial hingga alat perlindungan diri (APD) bagi tenaga kesehatan, wastafel, hand sanitizer, disinfektan dan sejumlah peralatam kesehatan lain.

“Selama masa tanggap darurat Satgas Bencana BUMN telahenyalurkan bantuan sebesar Rp12,7 miliar. Saat ini dimasa recovery, kembali memberikan bantuan masker karena dianggao efektif mengurangi penyebaran Corona,” tandasnya.

Sementara itu, Azhari Nur Kusumo selaku Pemimpin Askrindo Cabang Yogyakarta mengatakan perseroanenjadi bagian dari keluarha besar BUMN pada kegiatan kali ini ditunjuk sebagai donatur pengadaan masker.

“Melalui kegiatan ini berharap kesadaran masyakarat menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19 bisa meningkat.”

Dia menambahkan hal ini sangat penting, sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran virus tersebut dan mengakhiri pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini. Masyatakat diajak untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan mulai memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir hingga menjaga jarak dan tidak berkerumun. (Tom)

BERITA REKOMENDASI