Satlantas Sleman Imbau Pengendara Taati Aturan

SLEMAN,KRJOGJA.com – KBO Sat Lantas Polres Sleman, Iptu Riki Heriyanto mengatakan, pantauan lalu lintas disejumlah titik di Kabupaten Sleman lenggang menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H. Meskipun demikian, mengimbau pengendara wajib mentaati peraturan Lalu Lintas (LL) agar tidak terjadi kecelakaan.

" Siapa yang bisa jamin kalau lengang tidak bisa laka. Pada prinsipnya, semua pengguna jalan saat berlalu lintas mau rame mau lengang wajib mentaati peraturan LL secara keseluruhan," kata Riki saat dihubungi krjogja.com. Selasa ( 04/06/19).

Undang-Undang No.22 / tahun 2009 pasal 1 angka 24 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Kecelakaan lalu lintas adalah peristiwa dijalan yang tidak didiga dan tidak di sengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan atau kerugian harta benda.

Menurut Riki, faktor kecil penyebab kecelakaan atau laka berawal dari pelanggaran yang dilakukan pengendara. Baik roda dua maupun roda empat. 

" Laka kan tidak hanya ada lawannya saja tapi laka tunggal juga bisa. Termasuk jalan sepi tapi pengendara naik motor ngantuk terus nabrak tiang, atau masuk got, atau tabrak apill dan lain-lain," tambahnya.

Meskipun ramai, lanjut Riki, jika pengendara taat aturan semua, kecelakaan lalu lintas di jalan berkurang bahkan minim terjadi.

" Jadi, walaupun lengang pengendara tetap harus menaati aturan lalu lintas. insyaAllah selamat sampai tujuan. Supaya tidak menyebabkan laka untuk dirinya dan orang lain," 

BERITA REKOMENDASI