Satu Pesawat Muspusdirla Terbakar

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Salah satu pesawat koleksi di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta dilalap si jago merah, Rabu (19/09/2018). Atas kejadian itu sempat membuat semua anggota maupun pengunjung ketakutan dan panik menghadapi kebakaran hebat itu.

Demikian sekilas ilustrasi simulasi kebakaran di museum pesawat terbesar di Asia tersebut. Tujuannya tentu untuk meningkatkan kesiagaan personel, mengamankan fasilitas dan ribuan koleksi dari bahaya kebakaran. Untuk itu diadakan latihan Simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat Kebakaran.

Baca juga :

200 Prajurit Kodim Bantul Ikuti Pemecahan Rekor Muri

PSIM Usung 18 Pemain Jalani Tur Kalimantan

Menurut Kepala Muspusdirla Kolonel Sus Drs Dede Nasrudin, kondisi saat simulasi dibuat riil dan mendekati kondisi nyata. Disitu juga melibatkan sedikitnya 60 orang personil Muspusdirla, anggota Pentak Lanud Adisutjipto, para pedagang dan anggota PK Lanud Adisutjipto. Simulasi dilksanakan di dalam dan di luar gedung.

"Simulasi ini pada hakekatnya untuk membina dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan personel di jajaran Museum Dirgantara Mandala. Yakni dengan cara melatih dan merefreshkan kembali pengetahuan tentang teknik pencegahan dan penanggulangan apabila terjadi kebakaran di tempat atau dilingkungan kerja," terangnya disela kegiatan.

Sebelum diadakan praktek, dilaksanakan juga penyuluhan atau pemberian tentang teori pemadaman kebakaran dari Seksi PK Lanud Adisutjipto oleh Mayor Tek Sugeng Santoso. Dalam simulasi kebakaran tersebut antara lain menggunakan Fire Blanket yang dibasahi dengan air dan Alpeka Portable . Simulasi juga mendatangkan mobil pemadam kebakaran dari Lanud Adisutjipto. (Adk)

BERITA REKOMENDASI