Satu Pick Up Bantu Warga Penuhi Kebutuhan Pakan Ternak

SLEMAN, KRJOGJA.com – Hewan ternak milik warga Kalitengah Lor kembali dievakuasi di kandang penampungan yang dibangun di timur barak pengungsian Glagaharjo. Sebelum dilakukan perbaikan, pemilik ternak cukup khawatir dengan kondisi kandang sementara karena berbatasan dengan sungai.

Salah satu pemilik hewan ternak Pardi Wiyono (50) mengaku cukup khawatir setelah melihat kandang penampungan. Kandang tersebut dibuat dengan atap terpal dengan sisi bagian belakang adalah tanah dengan kemiringan yang curam dan langsung terdapat aliran sungai. Namun setelah dilakukan perbaikan, Pardi bersedia memindahkan seekor sapi miliknya sejak Minggu (15/11) lalu. “Kandangnya sudah bagus. Saat ini kandangnya menghadap ke utara dan selatan dan setiap kandang bisa diisi hingga 10 sapi” ungkap Pardi Kamis (19/11).

Meski cukup repot untuk mencari rumput di lereng Merapi, Pardi tetap melakukan hal itu untuk memenuhi kebutuhan pakan sapinya. Pardi tak ingin ternaknya mati sia-sia seperti saat erupsi 2010 lalu. Sebelum ikut dievakuasi, satu sapi miliknya sudah dijual ke blantik seharga Rp 16 juta.

BERITA REKOMENDASI