Satu Pick Up Bantu Warga Penuhi Kebutuhan Pakan Ternak

Sementara itu Dukuh Kalitengah Lor, Suwondo menambahkan, hingga saat ini masih ada 69 ternak sapi yang belum dievakuasi. Dengan rincian 11 ekor sapi diantaranya ada di RT 01, 22 ekor di RT 02, 20 ekor sapi di RT 03, dan di RT 04 sebanyak 16 ekor. Sedangkan data awal ternak sapi di Kalitengah Lor mencapai 294 ekor. ‘Saat ini sapi yang ada tinggal 218 ekor. Masyarakat lebih memilih menjual ternaknya dengan alasan tidak mau repot tadi,” ujar Suwondo.

Suwondo menjelaskan, ternak yang masih berada di kandangnya akan segera dievakuasi saat kandang penampungan siap digunakan. Suwondo tak menampik jika ada warga yang enggan menurunkan ternaknya. Namun ia tetap melakukan pendekatan agar mau menurunkan sapinya.

Plt Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian,Pangan, dan Perikanan (DP3) Sleman, Nawang Wulan menyatakan, kandang yang ada masih belum sesuai standar pemeliharaan ternak. Nantinya kandang yang berada di lapangan barak pengungsian akan diperuntukkan bagi sapi potong. “Kalau untuk sapi perah, akan mempengaruhi produksi susunya,” beber Nawang.

Untuk memudahkan masyarakat mencukupi kebutuhan pakan, pihak Dinas sudah mempersiapkan mobil pick up. “Minimal 1 hari ada 1 pick up. Bekerja sama dengan relawan bergantian menyiapkan armada untuk mengangkut rumput dari Kalitengah Lor ke kandang tempat ternak dievakuasi,” tutupnya.(Aha)

BERITA REKOMENDASI