Satu Wisatawan Tewas Tertimpa Pohon di Telogo Putri Kaliurang

SLEMAN, KRJOGJA.com – Asmawah (45) wisatawan warga Ringinsari Kalasan meninggal dunia setelah tertimpa pohon di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi Telogo Putri Kaliurang Minggu (24/2/2019) siang. Saat sedang berteduh, tiba-tiba batang pohon Ponco Sudho roboh dan menimpa korban hingga akhirnya meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit. 

Kapolsek Pakem Kompol Haryanta mengatakan saat kejadian korban bersama beberapa orang lainnya berteduh sembari duduk-duduk di pinggir kolam. Sejurus kemudian muncul suara seperti pohon retak namun tak dihiraukan lantaran menilai hanya suara tertiup angin saja. 

Ternyata, batang pohon dengan tinggi sekitar 20 meter tersebut roboh dan menimpa Asmawah bersama Ny Sri Paryati (50), Lisa Sulatri (14) warga Ringinsari, Tamanmartani, kalasan, dan Dedi Irawan (27) warga perumahan Soka Asri permai, Kadisono Kalasan. “Tiga korban ini berhasil lari menyelamatkan diri meski mengalami luka sementara korban Asmawah tak sempat lari dan akhirnya meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit. Korban mengalami kesadaran menurun, dilatasi pupil, denyut nadi dan denyut jantung melemah juga terdapat luka di punggung dan hidung mengeluarkan darah,” tandas Kapolsek. 

Polisi kini masih melakukan penyelidikan terkait penyebab robohnya pohon tersebut. Namun diduga, usia pohon yang sudah cukup tua dengan batang rapuh ditambah guyuran hujan membuat akhirnya roboh. “Seperti pohon jatuh bisa saja terjadi karena kondisinya sudah lapuk, lalu diguyur hujan, untuk itu masyarakat harus tetap waspada dengan berbagai ancaman bahaya,” sambung dia. 

Sementara tiga korban lain yakni Ny Sri Paryati mengalami luka di pinggang dan kaki, Lisa Sulatri menderita luka di bahu dan tangan kiri, sedangkan Dedi Irawan mengalami luka di pipi kanan. Ketiganay menjalani perawatan di rumah sakit Panti Nugroho Pakem Sleman. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI