Sebulan 26 Tersangka Kasus Narkoba Ditangkap

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Direktorat Reserse Narkoba Polda DIY menangkap 26 tersangka kasus penyalahgunaan narkoba kurun waktu satu bulan. Dari para tersangka, polisi menyita barang bukti berupa sabu, ganja, tembakau gorila, pil trihexylpenidyl, alprazolam dan tramadol.

Direktur Reserse Narkoba Polda DIY Kombes Pol Ary Satriyan SIK menjelaskan, sebanyak 26 tersangka ditangkap dalam 25 kasus berbeda. “Selama bulan Januari kemarin, kami menangani 25 laporan polisi dengan jumlah tersangka sebanyak 26 orang. Sebagian tersangka sudah ada yang kami limpahkan ke kejaksaan karena berkas perkaranya sudah lengkap atau P21,” ungkap Ary saat jumpa pers di Mapolda DIY, Kamis (25/02/2021).

Kombes Ary menjelaskan, pada awal Covid-19, narkoba yang banyak beredar di DIY adalah obat yang masuk dalam daftar G jenis pil koplo. Namun sejak Januari 2021, mulai terjadi penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan jenis pil yang masuk dalam Undang-Undang Kesehatan.

Menurut Ary, salah satu penyebabnya diduga karena sindikat narkoba menganggap situasi saat ini lebih aman dibandingkan awal pandemi Covid-19. “Saat ini, hampir semua jenis narkoba ada di Yogya, namun kebanyakan yang kami tangani adalah pemakai kalaupun ada pengedar dalam skala kecil. Sedangkan barang diambil dari luar, DIY seperti Jawa Tengah,” tandasnya.

Ia menambahkan, selama ini peredaran narkoba mayoritas dilakukan lewat media sosial. Ia menambahkan, dari 26 tersangka disita barang bukti dengan rincian, 50,62 gram sabu, 17,11 gram ganja, 122,76 gram tembakau gorila, 5.218 butir pil trihexylpenidyl, 203 butir Alprazolam dan 2.500 butir pil tramadol. (Ayu)

BERITA REKOMENDASI